Mengenal Sesar Baribis yang Berpotensi Munculkan Gempa di Jakarta dan Bogor

- Jumat, 2 Desember 2022 | 07:18 WIB
Bahaya Sesar Baribis dan Cimandiri yang Mengharuskan Masyarakat Bedol Desa ke Tempat Lebih Aman (YouTube Metrotvnews)
Bahaya Sesar Baribis dan Cimandiri yang Mengharuskan Masyarakat Bedol Desa ke Tempat Lebih Aman (YouTube Metrotvnews)

AYOBOGOR.COM -- Gempa bumi mengancam Jakarta, Bogor, Bekasi, dan sekitarnya. Hal tersebut diketahui dengan ditemukannya Sesar Baribis sebagai sesar aktif yang dapat menimbulkan potensi gempa.

Sesar Baribis yang berjarak sekitar 25 kilometer selatan Jakarta saat ini dalam kondisi aktif dengan laju geser sekitar 5 milimeter per tahun.

Jalur Sesar Baribis ini membentang dari muara Cimandiri pada pelabuhan ratu Kabupaten Sukabumi lalu cenderung ke Timur Laut melalui Kabupaten Bandung, Cianjur, Bandung Barat dan juga Subang.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 48 Dibuka Tanggal Segini, Insentifnya Lebih Besar Lho

Dilansir dari Ayojakarta.com, Guru besar Fakultas pertambangan ITB Sri Widyantoro dan Tim telah melakukan sebuah penelitian ilmiah terkait gempa besar yang mengancam Jakarta dan Bogor sekitarnya. Hasil penelirian itu telah diunggah melalui YouTube Channel Harian Kompas.

Penelitian itu menjelaskan bahwa Sesar Baribis aktif dan menyimpan bencana yang cukup besar untuk wilayah DKI Jakarta, Bogor dan sekitarnya.

Sesar Baribis adalah jalur patahan, yang berjarak 25 km di selatan Jakarta. Pada saat ini kondisi Sesar Baribis dalam keadaan terkunci. Ketika energi peregangan yang akhirnya diagregasikan terlepas maka akan menimbulkan gempa yang besar.

Meskipun demikian, Sesar Baribis ini pernah melahirkan gempa bumi yang cukup besar pada ratusan tahun silam. Hal tersebut pun semakin membuat masyarakat merasa ketakutan dengan adanya gempa yang terjadi pada saat-saat ini.

Baca Juga: Kemensos Cairkan 3 BLT pada Desember 2022 Total Rp1,3 Juta, Apa Saja?

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Fakta Siswa Siswi Atlet Dance Sport SMPN 1 Ciawi

Rabu, 18 Januari 2023 | 12:37 WIB
X