Gempa Berkekuatan 4,6 Magnitudo Guncang Pangandaran

- Minggu, 27 November 2022 | 10:37 WIB
Ilustrasi -- aplikasi peringatan gempa gratis (Pixabay)
Ilustrasi -- aplikasi peringatan gempa gratis (Pixabay)

AYOBOGOR.COM -- Gempa tektonik berkekkuatan 4,6 magnitudo mengguncang Pangandaran, Jawa Barat pada Minggu, 27 November 2022, pukul 09:10:55 WIB.

Berdasarkan data BMKG, episenter terletak pada koordinat 8.2 LS dan 108.26 BT, tepatnya berlokasi di laut pada jarak 61 km Barat Daya Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, dengan kedalaman 38 km.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto dalam siaran pers mengatakan, gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Baca Juga: Nonton Piala Dunia Live Gratis di SINI, Perhatikan Aturan Nobarnya

Menurutnya, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng .

"Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Pangandaran dan Ciamis dengan Skala Intensitas II - III MMI," katanya.

Adapun getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

"Sementara di Garut, Tasikmalaya, Majalengka dan Sukabumi dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," paparnya.

Baca Juga: Bantah Isu Perceraian, Syahrini Posting Foto Mesra Bareng Reino Barack

Hingga pukul 09:35 WIB, dari hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," kata Hartanto.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank Indonesia: Optimisme Konsumen Meningkat

Rabu, 8 Februari 2023 | 12:01 WIB

Harga Emas Antam Rabu 8 Februari 2023 Naik

Rabu, 8 Februari 2023 | 09:43 WIB
X