Kartu Prakerja Gelombang 48 Dibuka dengan Skema Baru, Insentifnya Naik 4,2 Juta?

- Jumat, 18 November 2022 | 16:35 WIB
Kartu Prakerja Gelombang 48 Dibuka dengan Skema Baru, Insentifnya Naik 4,2 Juta
Kartu Prakerja Gelombang 48 Dibuka dengan Skema Baru, Insentifnya Naik 4,2 Juta

AYOBOGOR.COMKartu Prakerja Gelombang 48 dibuka tahun 2023 dengan Skema Baru, lalu beredar kabart insentifnya naik 4,2 Juta?

Tahun depan, program Kartu Prakerja resmi dilanjutkan dibuka dengan Kartu Prakerja Gelombang 48. Dana bantuan Prakerja 2023 yang diberikan bakal lebih besar dari tahun ini, akan tetapi ada kekurangannya.

Pengumuman tentang kartu prakerja 2023 ini disampaikan melalui akun Instagram @prakerja.go.id pada Rabu (5/10/2022). Tahun depan akan ada skema baru dalam program Prakerja yang mulai dibuka dengan Kartu Prakerja Gelombang 48.

Sehingga besaran bantuan Kartu Prakerja 2023 pun berbeda dari tahun ini. Tahun depan, Kartu Prakerja Gelombang 48 dibuka dengan dana yang akan diterima masing-masing peserta Prakerja adalah Rp 4,2 juta.

Tahun depan, Komite Cipta Kerja telah memutuskan program Prakerja menerapkan skema normal. Skema ini diterapkan lantaran kondisi ekonomi global masih tidak menentu. Sehingga program Prakerja perlu tetap dioptimalkan.

Pemerintah mempertimbangkan kondisi masyarakat masih membutuhkan dukungan daya beli. Selain itu, angkatan kerja perlu terus ditingkatkan kompetensinya dengan pelatihan dan itu bisa ditempuh lewat program Prakerja.

Seperti apa kartu prakerja skema normal berjalan?

1. Fokus pada peningkatan skill penerima bukan semi bansos
2. Bantuan biaya pelatihan lebih besar dari insentif
3. Standar pelatihan ditingkatkan
4. Variasi bentuk pelatihan bertambah (daring, lurin, bauran)

Lantaran fokusnya tidak lagi semi bansos, maka pembagian bantuan pun disesuaikan. Sehingga dengan total nilai manfaat Rp 4,2 juta, rincian dana bantuan prakerja 2023 menjadi:

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Contoh Khutbah Jumat Tentang Bulan Rajab Tahun 2023

Jumat, 3 Februari 2023 | 06:37 WIB
X