BLT Dana Desa Dihapus, Ada Bansos Pengganti Dapat Rp 3,6 Juta Cair Februari 2023

- Rabu, 25 Januari 2023 | 16:09 WIB
BLT Dana Desa Dihapus, Ada Bansos Pengganti Dapat Rp 3,6 Juta Cair Februari 2023
BLT Dana Desa Dihapus, Ada Bansos Pengganti Dapat Rp 3,6 Juta Cair Februari 2023

AYOBOGOR.COM - Pemerintah resmi menghapus BLT Dana Desa yang menjadi bansos idaman di masa pandemi. Meski demikian, Anda tak perlu khawatir sebab ada bansos penggantinya dengan nominal pencairan mencapai Rp 3,6 juta cair Februari 2023.

Bansos pengganti BLT Dana Desa adalah BLT Kemiskinan Ekstrem 2023. Bansos ini diluncurkan untuk membantu percepatan penghapusan angka kemiskinan di Indonesia.

Sebenarnya, BLT Kemiskinan merupakan BLT Dana Desa yang 'berganti baju'. Jika sebelumnya BLT Dana Desa diluncurkan dengan landasan pemulihan ekonomi di era pandemi Covid-19, kini BLT Kemiskinan Ekstrem difokuskan pada percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem sesuai dengan amanat Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

Baca Juga: BLT Kemiskinan Ekstrem 2023 Cair Tanggal Berapa di Januari Ini? Lumayan Dapat Rp900 Ribu

Penyaluran bansos ini berbeda dengan BLT Dana Desa. BLT Kemiskinan Ekstrem lebih spesifik lagi dari BLT Dana Desa, yakni diprioritaskan untuk masyarakat dengan kategori miskin ekstrem.

Alokasi BLT Kemiskinan Ekstrem masih menggunakan pagu dana desa dengan besaran alokasi anggaran maksimal 25 persen. Besarannya lebih kecil dibandingkan BLT Dana Desa sebesar 40 persen dari pagu anggaran dana desa.

Besaran BLT Kemiskinan Ekstrem 2023

BLT Kemiskinan Ekstrem lebih spesifik lagi dari BLT Dana Desa

Untuk besaran bansos, baik BLT Dana Desa dan BLT Kemiskinan Ekstrem masih memberikan besaran bansos yang sama, yakni Rp 300 ribu per bulan.

Halaman:

Editor: Hartanto Ardi Saputra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X