Deretan Manfaat Tidak Pakai Celana Dalam, Ternyata Bisa Kurangi Risiko Penyakit Ini

- Rabu, 25 Januari 2023 | 06:16 WIB
Foto ilustrasi celana dalam. Dua sekolah di Bogor bikin heboh lantaran memeriksa celana dalam siswi mereka dengan dalih mengecek menstruasi atau tidak. (Pixabay)
Foto ilustrasi celana dalam. Dua sekolah di Bogor bikin heboh lantaran memeriksa celana dalam siswi mereka dengan dalih mengecek menstruasi atau tidak. (Pixabay)

AYOBOGOR.COM -- Ada beberapa orang yang memilih tidak memakai celana dalam untuk sementara waktu. Lantas apakah hal tersebut baik?

Menurut sebuah survei dari Vanity Fair, 25 persen responden mengaku sesekali tidak mengenakan celana dalam atau going commando.

Ahli urologi di Aeroflow Urology, Aleece Fosnight menyebutkan, beberapa manfaat tidak memakai celana dalam untuk perempuan. Salah satu dampak positifnya adalah menurunkan risiko infeksi jamur di vagina, yang dapat menyebabkan iritasi, gatal, dan keputihan.

"Jenis pakaian dalam tertentu, seperti yang terbuat dari bahan selain katun, dapat menyebabkan tingkat infeksi jamur yang lebih tinggi. Jadi, membatasi waktu mengenakan pakaian dalam (dengan bahan itu) dapat membantu mencegahnya," ujar Fosnight dilansir dari Republika.co.id, Rabu, 25 Januari 2023.

Baca Juga: 64 Formasi Lowongan Kerja Dosen Tetap 2023 Terbaru, Cek Syarat dan Cara Daftar

Selain itu, melepas celana dalam sesekali juga menurunkan risiko terserang infeksi saluran kemih (ISK). Jika Anda termasuk yang sering mengalami ISK, maka Anda harus cek bahan pakaian dalam yang dikenakan.

Bahan pakaian dalam selain katun membuat seseorang lebih mudah mengidap ISK. Dampak positif lain dari tidak memakai celana dalam, yaitu mengurangi bau vagina.

Sementara itu bagi pria, keuntungan tidak memakai celana dalam adalah menurunkan risiko gatal di selangkangan, mengurangi bau keringat, mencegah aroma tidak sedap pada alat kelamin, dan berpotensi meningkatkan jumlah sperma. Seseorang pun bisa lebih bebas bergerak.

Ginekolog di Yale Medicine, Mary Jane Minkin, menyoroti pentingnya memakai celana dalam. Tidak mengenakannya membuat seseorang lebih rentan terhadap radang atau infeksi, terutama perempuan.

Baca Juga: Ini Cara Paling Gampang Deteksi Kolesterol Tinggi Tanpa Alat

"Saya merawat beberapa orang karena iritasi pada vulva dan uretra, yang disebabkan oleh kain kasar celana mereka akibat tidak memakai pakaian dalam," tutur Minkin, dikutip dari laman Insider, Selasa (24/1/2023).

Kelemahan potensial lainnya jika tidak mengenakan celana dalam yakni kurangnya perlindungan kebocoran bagi yang mengalami inkontinensia urine (pengeluaran cairan urine tanpa disadari). Cairan keputihan pun bisa merembes ke pakaian dan membekas.

Tanpa pakaian dalam yang berfungsi sebagai penghalang dan pelindung antara tubuh dan celana, kulit atau rambut kemaluan dapat tersangkut secara tidak sengaja di ritsleting celana. Jadi, ada baiknya memahami kapan harus memakai pakaian dalam dan kapan bisa leluasa melepaskannya.

Memakai pakaian dalam atau tidak memang merupakan pilihan yang sangat pribadi. Akan tetapi, ada faktor-faktor tertentu yang bisa menjadi pertimbangan.

 Minkin menyarankan kaum hawa tetap memakai celana dalam saat menstruasi, saat berbelanja baju baru, dan saat mengenakan pakaian ketat, misalnya celana yoga atau jeans denim. Mereka dapat melewatkan memakai celana dalam mungkin ideal saat berolahraga, saat tidur, serta saat mengenakan pakaian longgar.

Baca Juga: Spesifikasi Nokia T21, Tablet Murah Seharga Rp 3 Jutaan dengan Resolusi Layar 2K

Jika seseorang memilih untuk terus memakainya, pilih celana dalam dengan bahan 100 persen katun karena memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik. Jenis kain lain seperti nilon, spandeks, atau poliester dapat membatasi kemampuan bernapas dan menjebak kelembapan ekstra di dekat alat kelamin.

Memilih deterjen yang tepat untuk mencuci pakaian dalam juga penting, yakni deterjen bebas pewangi yang dirancang untuk kulit sensitif dan menghindarkan iritasi pada alat kelamin. Tentunya, seseorang juga harus mengganti pakaian dalam secara rutin.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X