Hore! Penerima KJP Plus Berpeluang Besar Lolos PPDB DKI Jakarta 2023 Lewat Jalur Afirmasi, Simak Ketentuannya

- Jumat, 26 Mei 2023 | 08:57 WIB
Hore! Penerima KJP Plus Berpeluang Besar Lolos PPDB DKI Jakarta 2023 Lewat Jalur Afirmasi, Simak Ketentuannya (AYOBOGOR.COM)
Hore! Penerima KJP Plus Berpeluang Besar Lolos PPDB DKI Jakarta 2023 Lewat Jalur Afirmasi, Simak Ketentuannya (AYOBOGOR.COM)

AYOBOGOR.COM - Pemerintah DKI Jakarta membuka peluang penerima KJP Plus untuk lolos dari Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta 2023 lewat jalur afirmasi.

Jalur afirmasi PPDB DKI Jakarta adalah jalur seleksi untuk calon peserta didik pemegang KJP Plus, KJP Plus dan PIP, DTKS, anak dari mitra pengemudi Transjakarta, anak dari penerima KPJ.

Nah, jalur ini dibagi menjadi dua jenis yakni afirmasi prioritas pertama dan afirmasi prioritas kedua.

Baca Juga: Tenang KJP Plus dan KJMU Bulan Mei 2023 Pasti Cair, Simak Penjelasannya!

Adapun golongan yang masuk prioritas pertama untuk PPDB DKI Jakarta jenjang SD adalah anak asuh panti, anak tenaga kesehatan yang meninggal dunia dalam penanganan Covid-19, dan anak penyandang disabilitas.

Sedangkan golongan yang masuk prioritas kedua meliputi Calon Peserta Didik Baru (CPDB) yang terdaftar dalam DTKS, anak dari pekerja atau buruh penerima Kartu Pekerja Jakarta, dan anak dari pengemudi Trans Jakarta yang mengemudikan bus kecil.

Akan tetapi untuk jenjang SMP dan SMA, penerima KJP Plus masuk dalam golongan prioritas pertama.

Anak yang masuk golongan prioritas pertama tentu punya peluang lolos PPDB DKI Jakarta 2023 lebih besar dibanding golongan prioritas kedua.

Baca Juga: UPDATE! Berapa Uang Tunai KJP Plus Cair Akhir Mei Ini? Cek Besaran dan Status Penerima Lewat kjp.jakarta.go.id

Menariknya, CPDB yang daftar lewat jalur afirmasi mendapatkan kuota khusus yakni sebesar 25 persen dari daya tampung sekolah.

Jadi misalnya dalam satu sekolah menerima 100 murid baru, nah 25 siswa di sekolah itu berasal dari jalur afirmasi.

Itu artinya penerima KJP Plus punya peluang besar untuk lolos PPDB DKI Jakarta 2023.

Kuota 25 persen jalur afirmasi berlaku untuk jenjang pendidikan SD, SMP, SMA.

Baca Juga: Besaran KJP Plus Mei 2023 Ditentukan dalam Keputusan Gubernur, Nominal Rp450 Ribu Hanya untuk KPM Ini

Halaman:

Editor: Katarina Erlita

Sumber: youtube.com/@Eka Nur Aripin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X