Rumah Kaca Kantong Semar Kebun Raya Bogor Kembali Dibuka, Cocok untuk Wisata Edukasi Anak

- Minggu, 4 Desember 2022 | 07:08 WIB
Rumah Kaca Kantong Semar Kebun Raya Bogor (Republika.co.id))
Rumah Kaca Kantong Semar Kebun Raya Bogor (Republika.co.id))

AYOBOGOR.COM -- Kebun Raya Bogor membuka kembali wahana edukasi Rumah Kaca Taman Nepenthes. Rumah kaca tersebut memiliki koleksi lebih dari 50 jenis Nepenthes dengan berbagai keunikannya.

Nepenthes atau kantong semar adalah tumbuhan karnivora asli Indonesia yang dapat memakan serangga.

General Manager Corporate Communication Kebun Raya, Zaenal Arifin, mengatakan rumah kaca taman ini kembali dibuka untuk publik pada Sabtu, 3 Desember 2022. Pengunjung dapat masuk ke dalam taman ini dalam beberapa sesi.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Kota Bogor Minggu 4 Desember 2022

“Taman Nepenthes Kebun Raya Bogor dibuka untuk menambah edukasi kepada pengunjung mengenai tumbuhan unik pemakan serangga. Sebanyak 15 orang per sesinya membuat para pengunjung lebih nyaman untuk menambah wawasan dan pengetauan dan ber-swafoto bersama Nepenthes,” kata Zae dilansir dari Republika.co.id, Minggu, 4 Desember 2022.

Ia menjelaskan, tumbuhan ini memiliki ciri-ciri daun dengan sulur di ujung daunnya yang termodifikasi menjadi kantung. Bentuk kantong menyerupai labu dengan bagian ujung yang membesar.

Kantong semar memiliki corak dan motif yang bervariasi. Corak dan motif umumnya berwarna cerah agar menarik mangsa, seperti serangga untuk mendekat.

Terdapat banyak jenis Nepenthes yang dilestarikan di dalam Taman Nepenthes Kebun Raya Bogor. Antara lain Nepenthes mirabilis, Nepenthes reinwardtiana, Nepenthes ampullaria, Nepenthes gracilis, Nepenthes x hookeriana, Nepenthes sumatrana, dan Nepenthes rafflesiana. Zae menyebutkan, taman ini dilengkapi dengan narasi-narasi sebagai penunjang sisi edukasi bagi pengunjung.

Baca Juga: Tiket Masuk Wisata Cimory Bogor Terbaru untuk Tahun Baru

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Fakta Siswa Siswi Atlet Dance Sport SMPN 1 Ciawi

Rabu, 18 Januari 2023 | 12:37 WIB
X