KJP dan KJMU Ada yang Belum Disalurkan, Ini Langkah Disdik DKI Agar Dana Cepat Cair ke Rekening

- Rabu, 31 Mei 2023 | 11:00 WIB
KJP dan KJMU Ada yang Belum Disalurkan, Ini Langkah Disdik DKI Agar Dana Cepat Cair (iStock)
KJP dan KJMU Ada yang Belum Disalurkan, Ini Langkah Disdik DKI Agar Dana Cepat Cair (iStock)

AYOBOGOR.COM - Penerima dana bantuan KJP dan KJMU belum menerima penyaluran hingga saat ini. 

Didapati ternyata terdapat dana KJP dan KJMU sebesar Rp197 miliar yang belum disalurkan.

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyatakan bakal mengikuti rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait dana bantuan KJP Plus dan KJMU yang belum tersalurkan tersebut untuk disalurkan dalam waktu dua pekan.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Syaefuloh Hidayat selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta Syaefuloh Hidayat. 

Syaefuloh mengatakan bahwa terdapat permasalahan dalam hal target penerima dana KJP dan KJMU.

Namun, tidak perlu khawatir karena pihaknya akan menyelesaikan masalah tersebut sesegera mungkin.

"Mudah-mudahan dalam satu dua minggu ke depan ini selesai. Jadi, tidak ada namanya kerugian sama sekali," ujar Syaefuloh di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (30/5/2023).

Syaefuloh juga menjelaskan bahwa nilai dana KJP dan KJMU yang belum disalurkan bukanlah Rp197,5 miliar seperti temuan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan).

Pihaknya mengaku suda menyalurkan sisa dana yang mengendap hingga Rp133 miliar yang artinya tersisa dana sebesar Rp64 miliar yang belum tersalurkan.

Hal yang menyebabkan pengendapan dana tersebut adalah jumlah penerimanya yang sangat banyak hingga lebih dari 803 ribu siswa dengan total anggaran Rp3,7 triliun.

Terlebih lagi terdapat siswa penerima bantuan baru di setiap tahunnya yang harus mengikuti proses mekanisme perbankan seperti pembuatan buku tabungan dan KJP.

Proses itulah yang memakan waktu dalam pendistribusian dana KJP dan KJMU.

Untuk mengatasi masalah yang sedang terjadi Disdik DKI Jakarta mengambil langkah untuk melakukan pendistribusian kartu ATM yang dilakukan setiap hari secara bertahap.***

Editor: Burhanudin Ghafar Rahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X