CATAT Jadwal Penyaluran Bansos Ramadhan 2023 akan Diantar oleh Petugas Pos ke Rumah KPM

- Senin, 27 Maret 2023 | 20:32 WIB
CATAT Jadwal Penyaluran Bansos Ramadhan 2023 Akan Diantar oleh Pos ke Rumah KPM
CATAT Jadwal Penyaluran Bansos Ramadhan 2023 Akan Diantar oleh Pos ke Rumah KPM

AYOBOGOR.COM – Berikut ini akan dibahas mengenai jadwal penyaluran bantuan sosial atau bansos Ramadhan pada tahun 2023 yang akan diantar langsung oleh petugas POS ke rumah dari keluarga penerima manfaat atau KPM.

Dilansir dari akun Youtube INFO BANSOS yang menjelaskan bahwa bantuan sosial atau bansos yang diberikan oleh pemerintah berupa beras, daging ayam, dan telur akan diantarkan langsung ke rumah penerima manfaat atau KPM.

Perlu diketahui bahwa bantuan sosial atau bansos beras akan diberikan kepada keluarga penerima manfaat atau KPM sebanyak 10 kg beras.

Direktur Bulog yaitu Budi Waseso menjelaskan bahwa bansos pangan berupa beras yang akan disalurkan kepada para penerima berasal dari hasil panen petani dan dari hasil komersial.

Lantas kapan jadwal penyaluran bantuan sosial berupa pangan pada tahun 2023? Simak penjelasan berikut ini.

Kementerian Sosial atau Kemensos sudah menyerahkan data penerima bansos pangan yang akan mendapatkan bantuan berupa beras 10 kg, daging ayam, dan telur yang akan disalurkan kepada penerima manfaat selama 3 bulan.

Dikabarkan bahwa akan ada sebanyak 21.353.000 penerima manfaat yang akan mendapatkan bansos pangan Ramadhan 2023.

Data penerima manfaat bansos Ramadhan 2023 merupakan data penerima yang namanya sudah tercatat di dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS.

Menteri Sosial yaitu Tri Rismaharini mengatakan bahwa telah menyerahkan data tersebut setelah 2 hari datangnya permintaan dikarenakan membutuhkan waktu untuk menunggu pemerintah daerah melakukan perbaikan data khusus untuk triwulan 1.

Jadi untuk para penerima bantuan PKH dan BPNT sudah dipastikan akan mendapatkan bantuan pangan Ramadhan 2023.

Namun ada beberapa golongan yang tidak akan mendapatkan bansos pangan, seperti jika di dalam kartu keluarga terdapat anggota keluarga yang menjadi pegawai negeri sipil atau PNS, KPM yang meninggal dunia, dan terakhir golongan yang sudah tidak layak untuk mendapatkan bansos dikarenakan bekerja migran atau bekerja di luar negeri.

Menurut Direktur Jenderal Anggaran yaitu Isa Rachmatarwata, seharusnya bantuan sosial atau bansos pangan Ramadhan 2023 ini sudah mulai disalurkan kepada para penerima manfaat diperkirakan pada awal puasa Ramadhan 2023.

Bansos paling lambat akan disalurkan kepada para penerima manfaat yaitu pada awal bulan April 2023

Diketahui bahwa penyaluran bansos pangan akan dilakukan secara bertahap sampai sebelum lebaran 2023.

Halaman:

Editor: Hartanto Ardi Saputra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X