7 Tempat Wisata Murah di Bogor, Harga Tiket Masuknya di Bawah Rp 20 Ribu!

- Selasa, 8 November 2022 | 12:42 WIB
7 Tempat Wisata Murah di Bogor, Harga Tiket Masuknya di Bawah Rp 20 Ribu!
7 Tempat Wisata Murah di Bogor, Harga Tiket Masuknya di Bawah Rp 20 Ribu!

AYOBOGOR -- Daerah Bogor, Jawa Barat masih menjadi primadona tujuan wisata para pelancong dari berbagai wilayah di Indonesia, khususnya Jabodetabek.

Hal tersebut terbukti dari banyaknya kendaraan roda empat maupun roda dua yang selalu memadati wilayah Bogor, Jawa Barat di tiap akhir pekan.

Bukan tanpa alasan, selain udaranya yang masih sejuk dan asri, para pelancong juga dimanjakan dengan banyaknya pilihan tempat wisata yang murah tetapi tidak murahan di daerah Bogor, Jawa Barat.

Dirangkum redaksi dari berbagai sumber, berikut ini tujuh destinasi wisata murah di kawasan Bogor, Jawa Barat:

1. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas merupakan salah satu tempat wisata di Bogor yang sangat luas. Luas lahannya bahkan mencapai 80 hektar.

Kebun Raya Cibodas masuk dalam area Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, yang beralamat di Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur.

Lokasinya tepat dibawah kaki gunung Gede Pangrango. Suhu nya cukup sejuk, berkisar 17-27 derajat celcius.

Untuk menuju ke tempat ini, anda perlu melalui jalan raya Bogor-Puncak-Cianjur, setelah sampai di persimpangan Cimacan, anda bisa berbelok ke arah Kebun Raya Bogor. Waktu tempuh kurang lebih 1 hingga 2 jam, tergantung kondisi lalu lintas.

Untuk masuk ke destinasi ini, anda perlu membayar tiket masuk sekitar 17 ribu. Dengan nominal tersebut, anda bisa menikmati taman yang sangat indah dan sangat luas.

Beberapa tempat yang banyak menarik minat diantaranya adalah rumah kaca atau green house, Jalan Araucaria, Kebun bunga sakura, dan Air Terjun Cibodas.

Dalam landscape alam seluas 80 hektar, anda bisa berseneng-senang dengan puas disini.

2. Taman Ade Irma Suryani

Jika anda mencari tempat wisata di Bogor dekat stasiun, Taman Ade Irma Suryani adalah pilihan paling pas. Lokasinya berada persis di samping stasiun Bogor, tepatnya ada di sebelah timur. Dengan berjalan kaki sedikit, anda sudah langsung sampai ke lokasinya.

Tempat wusata Bogor ini, tiket masuknya cukup murah, hanya 10 ribu untuk hari kerja dan 12 ribu pada hari libur. Taman ini merupakan taman hiburan bagi rakyat. Pada tahun 90’an hingga awal 2000’an, tempat wisata di Bogor ini sempat sangat booming. Masih eksis sampai sekarang, wahana bermain di taman ini terus di kembangkan.

Taman Ade Irma Suryani menyatu dengan Taman Topi atau Plaza Kaptain Muslihat. lokasiTaman Ade Irma Suryani ada di bagian belakang. Taman Ade Irma Suryani cocok untuk wisata keluarga. Di tempat ini anda bisa menemani anak anda bermain. Sudah ada sekitar 20 wahana yang bisa dimainkan di taman ini. Untuk tiap wahana, dikenakan tarif sendiri.

Meski jenis wahananya tidak terlalu megah, namun taman ini sudah cukup menyenangkan sebagai taman bermain. Ada satu wahana terbaru yang cukup menyita perhatian, yaitu wahana virtual reality.

3. Kebun Raya Bogor

Ada cukup banyak tempat wisata Bogor yang dekat dengan stasiun, salah satu diantaranya adalah  Kebun Raya Bogor. Beralamat di Jl.Ir.Haji Djuanda No.13, Paledang, Bogor, anda hanya butuh berjalan kaki sekitar 10 menit dari stasiun untuk bisa mencapai tempat ini.

Tiket masuk ke Kebun Raya Bogor Indonesia adalah 16 ribu untuk turis lokal dan 26 ribu untuk turis mancanegara. Disini juga terdapat kendaraan keliling yang bisa anda naiki. Harganya 5 ribu untuk roda dua dan 30 ribu untuk roda empat.

Taman kota ini merupakan icon kota Bogor yang menjadi kebanggaan masyarakat Bogor. Di tempat wisata di Bogor ini, anda bisa menemukan beraneka jenis burung dan beberapa satwa. Dalam area Kebun Raya Bogor juga terdapat museum Zoologi.

Di museum Zoologi ini, anda akan menemukan beberapa spesimen hewan yang diawetkan dan juga fosil-fosil hewan dari jaman dulu. Disini, sembari berwisata, anda juga bisa menambah wawasan pengetahuan.

Areanya yang luas memungkinan anda untuk melakukan banyak aktifitas, misalnya seperti jooging, bersantai di tepi danau atau berkeliling menikmati suasana taman yang indah. Tentu saja disini anda akan menemui banyak sekali spot foto yang mantap.

4. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Jika anda mencari tempat wisata Bogor yang mudah terjangkau, anda bisa berkunjung ke Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia. Museum ini diresmikan pada tahun 2016. Dulunya museum ini bernama Museum Etnobotani yang sudah berdiri sejak tahun 1982. Karena ada banyak penambahan koleksi, maka museum ini berkembang dan ganti nama.

lokasi dari tempat wisata di Bogor ini cukup mudah terjangkau karena tidak jauh dari stasiun dan dari Kebun Raya Bogor. Persisnya ada di Jalan Ir. H. Juanda No.22 Bogor. Dengan berjalan kaki sekitar 10 menit, anda sudah bisa mencapainya. Setelah berkunjung ke Kebun Raya Bogor, anda bisa melanjutkan berwisata dengan berkunjung ke museum ini.

Tiket masuknya cukup murah, hanya sebesar 5 ribu saja dan anda sudah bisa menikmati koleksi museum ini yang sangat beragam.

Ada banyak pengetahuan yang bisa anda dapatkan dari tempat wisata Bogor ini. Di lantai pertama, anda akan melihat sejarah rempah-rempah, ada juga beberapa penjelasan mengenai sejarah batik, dan juga teknologi pangan alternatif.

Di lantai bawah, anda akan menemukan banyak sekali diorama. Misalnya diorama alat-alat pertanian, diorama peralatan dapur yang tradisional, dan berbagai diorama menarik lainnya.

5. Telaga Malimping

Untuk anda yang ingin berwisata murah bersama keluarga, Telaga Malimping bisa menjadi salah satu alternatif pilihan tempat wisata di Bogor. Harga tiketnya hanya 2500 rupiah per orang. Untuk tiket tiap-tiap wahananya dijual terpisah, harganya berbeda-beda tergantung wahananya.

Terletak di Desa Ciades, Kecamatan Cigompong, Bogor, membutuhkan kurang lebih 40 menit hingga 1 jam menuju lokasi ini dari stasiun Bogor. Tempat ini cukup mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi.

Di tempat ini, ada berbagai macam wahana untuk bebagai usia. Baik anak-anak maupun orang dewasa. Beberapa wahana anak diantaranya adalah mandi bola, kebun binatang, istana balon dan lain-lain. Wahana orang dewasanya diantaranya adalah flying fox, arung jeram, rafting, paintball, dan lain-lain.

Fasilitas penunjang dari tempat wisata ini juga cukup lengkap. Dalam areal ini juga terdapat tempat mancing, gazebo, pondok kuliner, penginapan, dan lainnya.

Tempat ini cukup eksotis dan viewnya juga indah. Bagi anda yang hobi foto, pasti akan dimanjakan dengan view lokasinya. Melihat segala fasilitas dan wahana yang ada, telaga Malipang ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

6. Agrowisata Gunung Mas

Belum lengkap rasanya jika ke Bogor, tapi tidak mengunjungi kawasan puncak. Ada salah satu tempat wisata Bogor di area puncak yang menarik. Agrowisata Gunung Mas, ditempat ini anda bisa menikmati suasana kebun teh yang luas.

Agrowisata Gunung Mas berlokasi di kawasan Puncak Bogor, tepatnya di Jalan Raya Puncak, km.87, Tugu Selatan, Cisarua, Bogor. Jarak tempuh dari pusat kota Jakarta kurang lebih sekitar 2 jam menggunakan kendaraan pribadi. Anda bisa melalui Tol Ciawi.

Agrowisata Gunung Mas ini dikelola oleh perusahaan. Perusahaan inilah pemilik perkebunan teh terluas di wilayah puncak Bogor. Untuk masuk ke kawasan ini, tiket yang harus anda bayar adalah 15 ribu. Akan dikenakan biaya tambahan untuk paket aktifitas atau sewa-menyewa.

Selepas membayar tiket masuk, anda bisa menukarkan tiket ini dengan Teh Walini di bagian front office. Anda bisa menyeduh teh ini ditemani pisang goreng yang sudah disediakan, ditemani suasana puncak yang teduh dan mendamaikan.

Disini anda bisa tea walk, berjalan menyusuri kebun teh. Tiketnya mulai dari 20 ribu sampai 35 ribu, tergantung rute. Anda juga bisa menyewa kuda, dan berkeliling kebun teh sambil menunggang kuda. Harga tiketnya mulai dari 30 ribu sampai 50 ribu.

Selain itu masih ada banyak aktifitas lain yang bisa anda kerjakan disini. Misalnya menyewa ATV, berkeliling dengan mobil offroad, menaiki gantole, berenang, dll. Disini juga tersedia penginapan.

7. Wisata Citimiang

Tak jauh dari Agrowisata Gunung Mas, terdapat tempat wisata alam bernama Citamiang. Tempat wisata di Bogor ini dikelola oleh dinas perhutani kota Bogor. Konsepnya adalah bumi perkemahan dengan segala macam fasilitasnya.

lokasi dari Wisata Citamiang ini berada di Kampung Pondok Rawa, Desa Tugu Utara, Cisarua, Bogor. Jika anda berjalan dari arah kota Bogor, lokasinya 400 meter sebelum gerbang Agrowisata Gunung Mas.

Wisata Citamiang ini berupa hutan pinus. Tiket masuknya sebesar 3 ribu. Disini anda juga bisa camping menggunakan tenda pribadi. Ada biaya tambahan untuk camping, perharinya 2.500.

Disini anda bisa berwisata alam, tracking menyusuri hutan pinus. Kondisi alam disini masih sangatlah asri karena dikelola dengan baik. Pemandangannya juga sangat indah, cocok sebagai tempat foto-foto. Jajaran hutan pinus bisa menjadi latar yang apik untuk foto-foto.

Anda yang sangat menyukai hal-hal berbau alam, bisa berwisata ketempat ini. Tak hanya bisa menikmati suasana nyaman ditengah hutan pinus, di tempat wisata ini juga terdapat permainan outbound yang bisa anda mainkan.

Anda yang memiliki komunitas juga bisa mengadakan camping bersama. Dari pihak perusahaan atau sekolah-sekolah juga kerap mengadakan training di lokasi ini..

Dalam area ini juga terdapat kolam renang, untuk masuk ke kolam renang ini, anda harus membayar lagi 5 ribu.

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kim Bo Im Korean Street Food, Wisata Bogor Rasa Korea

Jumat, 3 Februari 2023 | 15:16 WIB
X