Keutamaan Membaca Doa Hari Jumat Berdasarkan Hadist Rasulullah SAW

- Jumat, 2 Desember 2022 | 06:48 WIB
Doa ikhlas saat sebelum belajar
Doa ikhlas saat sebelum belajar

AYOBOGOR.COM -- Membaca doa pada hari Jumat memiliki keutamaan sendiri dalam islam. Sebab hari tersebut sangat spesial.

Rasulullah SAW bahkan menganjurkan umat Islam untuk membaca doa kepada Allah SWT pada hari Jumat, karena ada waktu mustajab saat dikabulkannya segala permohonan.

Waktu mustajab doa pada hari Jumat diketahui terjadi setelah sholat Ashar. Maka itu alangkah lebih baik jika kita memanfaatkan momen ini.

Baca Juga: Selamat, UMK Pekanbaru 2023 Disahkan Jadi Rp 3,3 Juta Berlaku Mulai 1 Januari 2023

Dilansir dari Republika.co.id, sebuah hadits menyebutkan, "Pemuka seluruh hari dalam sepekan adalah hari Jum'at. Ia merupakan hari paling mulia di sisi Allah SWT bahkan ia lebih mulia dibandingkan dengan hari raya Idul Fitri dan Idul Adha di sisi Allah. Pada hari Jum'at terjadi lima peristiwa besar, yaitu ; Allah menciptakan Adam as, Allah menurunkan Adam ke bumi, Allah mewafatkan Adam, dan pada hari Jum'at ada saat di mana tidak seorang pun berdoa kepada - Nya pada saat itu melainkan Allah pasti akan memperkenankan doanya selama permintaannya tidak mengandung perkara yang diharamkan. Selain itu hari Jum'at merupakan hari di mana hari Kiamat akan terjadi. Tidak ada malaikat, langit, bumi, angin, gunung, tidak pula laut melainkan semuanya merasa ketakutan jika hari Jum'at telah tiba. " (HR Ibnu Majah dan Ahmad). 

Buku Fikih Sunnah 2 karya Sayyid Sabiq menjelaskan, salah satu anjuran yang dapat dilakukan di hari Jumat adalah berdoa.  Dianjurkan memperbanyak doa pada saat-saat akhir hari Jum'at.

Dari Abdullah bin Salam ra, dia berkata, "Saat Rasulullah sedang duduk, aku berkata dalam Kitabullah kami mendapati satu keterangan bahwa pada hari Jum'at terdapat saat di mana tidaklah seorang Mukmin menunaikan shalat lalu berdoa kepada Allah bertepatan dengan saat tersebut melainkan Allah pasti akan mengabulkan permohonannya. 

Abdullah berkata Rasulullah memberi isyarat kepadaku atau sesaat. Aku pun berkata , kamu benar atau sesaat. Aku bertanya, kapan saat itu ? Beliau menjawab, Saat terakhir dari waktu siang." HR Ahmad dalam Musnad Ahmad, jilid III, hal : 430. Ibnu Majah, kitab Iqamah ash Shalah.

Baca Juga: Link Pendaftaran BUMN Batch 2 2022 Lulusan D3, S1, S2, Ini Informasi Syarat dan Jadwal

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank Indonesia: Optimisme Konsumen Meningkat

Rabu, 8 Februari 2023 | 12:01 WIB

Harga Emas Antam Rabu 8 Februari 2023 Naik

Rabu, 8 Februari 2023 | 09:43 WIB
X