Populasi Dunia saat Ini Mencapai 8 Miliar

- Rabu, 16 November 2022 | 12:19 WIB
 Populasi Dunia Saat Ini Mencapai 8 Miliar (REUTERS)
Populasi Dunia Saat Ini Mencapai 8 Miliar (REUTERS)

AYOBOGOR.COM – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan pada Selasa, 15 November 2022, bahwa populasi dunia saat ini sudah mencapai 8 miliar orang.

Dikutip dari Al Jazeera, PBB memperingatkan, kedepannya akan lebih banyak kesulitan yang dialami daerah yang sudah menghadapi kelangkaan sumber daya alam akibat perubahan iklim.

“Mencapai delapan miliar orang adalah tanda keberhasilan manusia, tetapi juga merupakan resiko besar bagi masa depan kita," kata John Wilmoth, Direktur Divisi Kependudukan PBB.

Negara berpenghasilan menengah, terutama di Asia, menyumbang sebagian besar pertumbuhan itu, bertambah sekitar 700 juta orang sejak 2011.

India menambahkan sekitar 180 juta orang dan akan melampaui China sebagai negara terpadat di dunia tahun depan.

China juga telah berjuang dengan program kebijakan satu anak dan tahun lalu mendesak para keluarga untuk memiliki anak kedua dan ketiga karena membatasi akses ke aborsi non-medis.

Sementara itu, angka kelahiran terus menurun di AS, Eropa, dan Jepang.

Beberapa negara termiskin di dunia, yang sebagian besar berada di Afrika sub-Sahara, mengalami lonjakan populasi sebagai akibat dari tingkat kesuburan yang lebih tinggi

Menurut Institute for Economics and Peace, di Afrika sub-Sahara, di mana sekitar 738 juta orang sudah hidup tanpa persediaan makanan yang memadai, populasinya diproyeksikan melonjak 95% pada pertengahan abad ini,

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lihat Hasil Kolaborasi Branding Nike dan Tiffany & Co

Kamis, 2 Februari 2023 | 13:16 WIB
X