Simak, Begini Cara Mengaktifkan Kembali Kartu KIS PBI

- Kamis, 23 Maret 2023 | 16:42 WIB
PBI JK Pemilik BPJS Kesehatan 2023  ((AyoBogor.com))
PBI JK Pemilik BPJS Kesehatan 2023 ((AyoBogor.com))

AYOBOGOR.COM - Bagaimana cara mengaktifkan kembali kartu KIS PBI JK dari BPJS Kesehatan?

Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan adalah peserta yang tergolong fakir miskin dan orang tidak mampu yang iurannya dibayarkan oleh pemerintah sebagai peserta program Jaminan Kesehatan.

Syarat BJS Kesehatan PBI adalah Warga Negara Indonesia (WNI), memiliki NIK yang terdaftar di Dukcapil, terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

Kepesertaan PBI JK berlaku terhitung sejak didaftarkan oleh Kementerian Kesehatan berdasarkan Penetapan oleh Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan dibidang Sosial.

 Kartu KIS PBI BPJS Kesehatan
Kartu KIS PBI BPJS Kesehatan

Lantas, bagaimana jika kepesertaan PBI JK sudah tidak aktif? Apakah bisa diaktifkan kembali?

Berdasarkan Permensos 21 Tahun 2019 pasal 8, KIS PBI Jaminan Kesehatan yang telah dihapuskan paling lama enam bulan sejak penetapan penghapusan dikeluarkan, dapat dilakukan re-aktivasi atau pengaktifan kembali dengan syarat ditemukan layak membutuhkan layanan kesehatan.

Langkah-langkah yang harus dilakukan peserta BPJS Kesehatan untuk mengaktifkan kembali kartu PBI, yaitu:

1. Peserta membawa berkas persyaratan seperti Kartu KIS, KTP, dan KK ke Dinas Sosial Kabupaten Sragen;

2. Untuk peserta yang tidak terdaftar di DTKS atau telah dinonaktifkan lebih dari 6 bulan, silakan membawa Surat Keterangan Tidak Mampu dan akan dimasukkan ke DTKS dari Keluraharan/Desa setempat Peserta;

3. Berdasarkan pengecekan dokumen dan DTKS, Dinas Sosial selanjutnya menerbitkan surat keterangan yang ditujukan kepada Kepala Cabang BPJS Kesehatan Sragen untuk permohonan re-aktivasi status kepesertaan KIS PBI Jaminan Kesehatan dan membutuhkan layanan kesehatan.;

4. Setelah dilakukan re-aktivasi, peserta dapat kembali ke fasilitas kesehatan pertama atau rumah sakit dan melaporkan bahwa kartu sudah aktif kembali.

Itulah ulasan bagaimana cara mengaktifkan kembali KIS PBI yang telah dinonaktifkan.*

Editor: Burhanudin Ghafar Rahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X