Pongkor Ditargetkan Jadi UNESCO Global Geopark

- Senin, 5 Desember 2022 | 14:05 WIB
Geopark Pongkor Kabupaten Bogor (Travelingyuk)
Geopark Pongkor Kabupaten Bogor (Travelingyuk)

AYOBOGOR.COM -- Geopark Nasional Pongkor ditargetkan akan menjadi UNESCO Global Geoparks (UGG). Hal tersebut tertera pada perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023.

"Ini disepakati antara Pemkab Bogor dengan DPRD melalui perubahan RPJMD. Pengembangan geopark harus dilaksanakan sesuai Karsa Bogor Maju dengan target Geopark Pongkor menjadi UGG," papar Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan di Cibinong, dilansir dari Republika.co.id, Senin, 5 Desember 2022.

Ia mengatakan, Geopark Nasional Pongkor siap menyusul tujuh geopark di Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO. Antara lain Geopark Batur, Geopark Pegunungan Sewu, Geopark Ciletuh, Geopark Gunung Rinjani, Geopark Danau Toba, Geopark Belitong dan Geopark Maros Pangkep.

Baca Juga: 4 Fakta Kemenangan Kabupaten Tangerang Jadi Juara Umum MTQ Provinsi Banten

Ada beberapa upaya yang sudah dilakukan Pemkab Bogor. Di antaranya membentuk Pongkor Geopark Information Center (PGIC) dan mengukuhkan Badan Pengelola Kawasan Geopark Nasional Pongkor Periode Tahun 2022-2025 dan Forum Geopark Nasional Pongkor Tahun 2022 di Kecamatan Tamansari, Bogor, Rabu, 30 November 2022.

Geopark Pongkor sendiri sudah empat tahun diresmikan, sejak November 2018. Georpark ini merupakan satu dari 12 geopark nasional di Indonesia.

Geopark Nasional Pongkor merupakan potensi besar pariwisata Kabupaten Bogor. Geopark ini meliputi 15 kecamatan terdiri dari 10 geosite, 43 situs geo/bio/cultural heritage, dan 15 daya tarik wisata.

Iwan mengatakan, Geopark Pongkor merupakan absolut adventist atau keunggulan mutlak yang ada di Bogor. Geopark Pongkor merupakan taman bumi yang terbentuk secara alami, bukan buatan.

Baca Juga: Bacaan Doa Akhir Tahun 2022, Minta Dibersihkan Hati Saat Sambut 2023

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X