Tempat Wisata di Kota Bogor, Museum yang Wajib Dikunjungi

- Jumat, 11 November 2022 | 11:05 WIB
Tempat Wisata di Kota Bogor, Museum yang Wajib Dikunjungi
Tempat Wisata di Kota Bogor, Museum yang Wajib Dikunjungi

AYOBOGOR - Berikut adalah tempat Wisata di Kota Bogor, museum yang wajib dikunjungi.

Selain terkenal dengan beragam tempat wisata keren dan kece, Kota Bogor juga miliki potensi besar tempat Wisata bagi kalian pecinta wisata sejarah.

Kota Bogor sendiri memiliki tempat Wisata sejumlah museum ternama yang sayang untuk kalian lewatkan. Bagi kamu pecinta wisata bersejarah, nampaknya belum lengkap rasanya bila kalian belum mengunjungi sejumlah museum di Kota Bogor.

Berikut ini kami sudah rangkum sejumlah tempat wisata bersejarah di Kota Bogor, yang sangat cocok untuk kalian kunjungi untuk mengisi waktu luang sambil belajar di masa PPKM Level 2 ini.

Tempat Wisata Museum Perjuangan Bogor

Museum Perjuangan Bogor merupakan salah satu museum tua yang ada di Kota Bogor, yang berlokasi di Jalan Merdeka Nomor 56, Kelurahan Cibogor, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Didirikan sejak tahun 1958, museum yang berada tepat di depan Pusat Grosir Bogor (PGB) itu menyimpan ratusan cerita sejarah perjuangan warga Bogor dalam melawan penjajah.

Koleksi Museum Perjuangan Bogor ini terdiri atas macam-macam senapan yang digunakan para pejuang saat merebut kemerdekaan. Ada juga senapan hasil rampasan dari Jepang dan Inggris, lengkap dengan koleksi mata uang pada zaman VOC.

Tak hanya itu, di Museum Perjuangan Bogor juga terdapat diorama yang menggambarkan pertempuran di daerah Bogor dan sekitarnya.
Seperti Diorama Pertempuran Bojong Kokosan, Pertempuran Maseng, Pertempuran di Kota Paris, Diorama Pertempuran di Bantammer Weg (sekarang Jalan Kapten Muslihat ) 1945, dan Diorama Pertempuran Cemplang 1945.

Bahkan, museum ini juga memiliki koleksi pakaian pejuang yang sebagian di antaranya memiliki noda darah asli.

Tempat Wisata Museum Pembela Tanah Air (Peta)

Museum Peta sejatinya didirikan untuk memberikan penghargaan kepada mantan tentara Peta atas kontribusinya dalam pendirian bangsa dan negara.

Selain itu, museum yang terletak di Jalan Jendral Sudirman Bogor ini juga didirikan untuk memberi gambaran perjuangan kemerdekaan Indonesia dan persiapan dalam mengisi kemerdekaan.

Gedung yang difungsikan sebagai museum ini dibangun pada tahun 1745 oleh tentara Knil dengan gaya bangunan Eropa Inggris. Pada tahun 1943 gedung tersebut digunakan sebagai pusat pelatihan pasukan tanah air.

Pembangunan Museum PETA dimulai pada 14 November 1993 dengan peletakan batu pertama oleh Wakil Presiden RI yang juga merupakan sesepuh YAPETA yaitu Umar Wirahadikusumah.

Pembangunan tersebut memakan waktu kurang lebih 2 tahun dan diresmikan oleh Presiden RI Soeharto pada tanggal 18 Desember 1995.

Koleksi yang ada di Museum tersebut terdiri atas relief atau monumen yang menceritakan awal terbentuknya tentara PETA dan terjadinya pertempuran tentara PETA melawan penjajah, patung, perlengkapan perang, meriam dan senjata lainnya.

Selain itu, museum PETA memiliki 14 diorama yang menceritakan tentang peristiwa pembentukan tentara PETA dan beberapa kontribusinya dalam proses pergerakan kebangsaan untuk mencapai kemerdekaan.

Tempat Wisata Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (Munasain)

Berlokasi di Jalan Raya Ir Juanda, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Munasain merupakan pengembangan dari Museum Etnobotani Indonesia (MEI).

Munasain sendiri menyajikan informasi mengenai sejarah alam serta keanekaragaman hayati Indonesia. Museum ini menjadi media penyadartahuan masyarakat terhadap sejarah alam Indonesia.

Tah hanya itu, di museum ini juga kita bisa mengetahui tentang geologi, biogeografi, taksonomi dan etnobotani. Bahkan kita juga bisa mengetahui berbagai rempah di Indonesia yang diperebutkan dunia pada masa penjajahan.

Demikian tiga tempat wisata bersejarah di Kota Bogor, yang mungkin cocok untuk anda kunjungi sambil mengisi waktu luang dan libur anda

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X