Bahas Perubahan Jam Kerja di Jakarta, Pemkot Bogor Siap Penuhi Undangan Pemprov DKI

- Senin, 26 September 2022 | 07:42 WIB
Ilustrasi - Suasana dalam komuter yang kerap dipakai warga Bogor untuk bekerja di Jakarta. (Engin Akyurt dari Pixabay )
Ilustrasi - Suasana dalam komuter yang kerap dipakai warga Bogor untuk bekerja di Jakarta. (Engin Akyurt dari Pixabay )

BOGOR, AYOBOGOR.COM- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat, siap memenuhi undangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta soal perubahan jam kerja di ibu kota.

Seperti diketahui, wilayah Kota Bogor yang kebanyakan menjadi hunian bagi pekerja di Jakarta dan sekitarnya dinilai perlu melakukan penyesuaian jika Pemprov DKI memberlakukan perubahan jam kerja.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor Eko Prabowo mengatakan pihaknya siap mendukung kajian perubahan jam kerja di daerah Penyangga Jakarta untuk mengatasi kemacetan akibat mobilitas yang tinggi dari masyarakat Jabodetabek.

"Tentu kajiannya harus bersama kita di Bogor juga dan daerah penyangga lain, karena banyak pekerja ke sana dari Bogor dan sekitarnya," ujar Eko, dikutip dari SuaraBogor.id-jaringan Ayobogor.com, Senin (26/9/2022).

Baca Juga: Gegara Karaoke saat Jam Kerja, Jabatan Kepala Puskesmas Situ Udik Bersama Dua Stafnya Dicopot

Ia, menyebutkan lebih dari 100 ribu warga Bogor yang bepergian pulang pergi Jakarta-Bogor menggunakan bus, kereta dan kendaraan pribadi.

Angka tersebut cukup tinggi mengingat sekitar 60 ribu orang per hari beraktivitas menggunakan kereta api dan sisanya menggunakan kendaraan mobil pribadi, sepeda motor dan kendaraan umum lain.

Lalu lintas kendaraan di Kota Bogor pada hari kerja cukup padat di jam-jam tertentu setiap hari, sehingga jika pengaturan jam kerja di Jakarta akan berdampak pada jumlah kendaraan masuk dan keluar dari kota hujan.

Eko mengemukakan melihat kondisi Jakata yang menjadi pusat kerja yang menyerap tenaga kerja dari daerah Bodetabek, pengaturan jam kerja tidak cukup melalui Pergub DKI, melainkan peraturan kementerian dan lembaga terkait.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Zero Backlog Perumahan Ditargetkan Tercapai 2024

Jumat, 25 November 2022 | 19:59 WIB

Daftar 10 Universitas Terbaik di Indonesia

Jumat, 25 November 2022 | 19:51 WIB

Selamat!! Bojongkulur Juara 1 Lomba Desa Wisata

Jumat, 25 November 2022 | 13:07 WIB

Keliling Jakarta Selama 8 Jam Bersama Yamaha E01

Jumat, 25 November 2022 | 11:16 WIB
X