Mengenal Berbagai Jenis Keyboard Komputer

- Kamis, 1 Desember 2022 | 09:30 WIB
Mengenal Berbagai Jenis Keyboard Komputer
Mengenal Berbagai Jenis Keyboard Komputer

AYOBOGOR.COM -- Keyboard merupakan hardware yang paling dibutuhkan oleh komputer, karena hardware ini memiliki fungsi yang sangat vital. Yaitu untuk melakukan input data yang bisa diproses oleh CPU. Keyboard tak hanya tersedia di komputer tetapi juga di laptop, namun keyboard yang ada laptop sendiri langsung terpasang menjadi satu ke dalam mesin.

Berbeda dengan keyboard komputer yang terpisah, selain itu menurut Bestproduct.id keyboard terbaik dibagi menjadi dua yaitu keyboard mechanical dan juga keyboard membrane. Keduanya memiliki perbedaan, sehingga buat kamu yang hendak beli keyboard yuk cari tahu dan kenali lebih dulu berbagai jenis keyboard yang bisa dijual di pasaran.

Keyboard Mechanical

Keyboard pertama yang cukup populer adalah keyboard dengan jenis mechanical. Seperti yang dibahas oleh  Indotimes tentang rekomendasi keyboard mechanical untuk pemula, kata mechanical sendiri merujuk pada cara kerja dari keyboard itu sendiri. Karena jenis keyboard mechanical ini setiap tombol menggunakan sejenis switch yang merupakan gabungan dari pegas atau pir.

Karena prinsip kerja itulah kenapa keyboard mechanical pasti memiliki bunyi klik yang cukup keras. Kenyamanan dari keyboard ini sendiri cukup berbeda tergantung dari harga jualnya. Semakin mahal tentu akan semakin enak untuk dibuat mengetik ataupun main game. Karena biasanya keyboard mechanical ini sangat pas sekali dipakai untuk para gamer yang suka main game online.

Keyboard Membrane

Keyboard biasa atau bisa juga disebut dengan keyboard membrane ialah keyboard yang cara kerjanya itu menggunakan lapisan membran yang terbuat dari plastik yang lentur. Setiap tombol menggunakan plastik sehingga sangat nyaman saat disentuh. Sayangnya keyboard ini mudah sekali rusak dan cara memperbaikinya cukup mudah yaitu tinggal mengganti dan membeli baru membrane dari keyboard yang rusak.

Secara daya tahan, jelas keyboard mechanical jauh lebih awet karena terbuat dari pir besi. Sedangkan untuk jenis membrane performanya cepat berkurang karena menggunakan karet atau plastik yang elastisitasnya menurun seiring dengan seringnya di pakai. Jenis keyboard ini sendiri terkadang memiliki delay saat dilakukan input data atau digunakan mengetik.

Makanya buat siapapun yang hendak mencari keyboard dengan akurasi input yang akurat sangat disarankan untuk mencari jenis keyboard mechanical. Selain itu terlepas dari dua jenis diatas, keyboard sendiri dibagi menjadi dua lagi yaitu yang wireless tanpa kabel dan yang dengan kabel. Keduanya pun memiliki kekurangan dan keunggulannya masing-masing, sehingga pastikan untuk mencari referensi lebih dulu sebelum membeli keyboard yang di inginkan.

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BI Ungkap Peredaran Uang Meningkat

Sabtu, 25 Maret 2023 | 11:10 WIB

Harga Emas Antam Sabtu 25 Maret 2023 Turun Lagi

Sabtu, 25 Maret 2023 | 09:54 WIB
X