Cair Ramadhan, Cek Penerima Bansos PKH dan BLT di cekbansos.kemensos.go.id, Ada Bantuan Sebesar Rp 3 Juta

- Senin, 27 Maret 2023 | 16:08 WIB
Cair Ramadhan, Cek Penerima Bansos PKH dan BLT di cekbansos.kemensos.go.id, Ada Bantuan Sebesar Rp 3 Juta Mena (AYOBOGOR.COM)
Cair Ramadhan, Cek Penerima Bansos PKH dan BLT di cekbansos.kemensos.go.id, Ada Bantuan Sebesar Rp 3 Juta Mena (AYOBOGOR.COM)
 
AYOBOGOR.COM -Bagi yang termasuk penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) 2023 dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) 2023, dapat mengecek informasi pencairan melalui laman resmi cekbansos.kemensos.go.id
 
Penerima BLT akan menerima bantuan sebesar Rp3 juta. Pemerintah terus menyalurkan bantuan ini kepada masyarakat miskin di seluruh wilayah Indonesia sejak tanggal 5 Maret 2023.
 
Penerima PKH 2023 dan BLT 2023 dapat mengecek apakah mereka masuk dalam kategori penerima dengan cara login ke laman cekbansos.kemensos.go.id
 
Sebagai informasi, bansos PKH 2023 sudah dicairkan di Kabupaten Rejang Lebong untuk 8.669 keluarga tidak mampu. Penyebarannya tersebar di 15 kecamatan.
 
Bansos PKH 2023 terdiri dari tiga komponen. Komponen kesehatan, yang meliputi balita dan ibu hamil, masing-masing mendapatkan bantuan sebesar Rp750 ribu per tahap. 
 
Komponen jenjang SD sebesar Rp225 ribu per tahap, jenjang SMP sebesar Rp375 ribu per tahap, dan jenjang SMA sebesar Rp500 ribu per tahap. 
 
Komponen kesejahteraan sosial, yang terdiri atas penyandang disabilitas dan lansia, masing-masing mendapatkan bantuan sebesar Rp600 ribu per tahap. 
 
Setiap tahap penyaluran dilakukan selama tiga bulan, dan akan berlangsung hingga Desember 2023. Total tertinggi dari bansos PKH 2023 mencapai Rp3 juta apabila telah tersalurkan seluruhnya.
 
Untuk mengecek daftar penerima bansos PKH 2023, kunjungi laman cekbansos.kemensos.go.id, lalu inputkan wilayah dan nama lengkap sesuai KTP, serta captcha yang muncul. Setelah itu, klik tombol "Cari Data". 
 
Sedangkan untuk mendaftar bansos PKH 2023, unduh dan instal aplikasi Cek Bansos di Playstore atau Appstore. Daftar akun dan lengkapi identitas diri, lalu klik "Daftar Usulan" dan "Tambah Usulan". Isi data diri dan jenis bansos PKH 2023, dan tunggu proses verifikasi dan validasi.
 
Dalam program bansos PKH 2023, setiap keluarga penerima manfaat akan mendapatkan bantuan sebesar Rp3 juta yang akan disalurkan selama 4 tahap dengan masing-masing tahap berlangsung selama 3 bulan. 
 
Bantuan ini terdiri dari tiga komponen, yaitu kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan sosial.
 
Untuk komponen kesehatan, balita dan ibu hamil akan mendapatkan bantuan sebesar Rp750 ribu per tahapnya. 
 
Sementara itu, untuk jenjang SD, SMP, dan SMA, masing-masing akan mendapatkan bantuan sebesar Rp225 ribu, Rp375 ribu, dan Rp500 ribu per tahapnya. 
 
Komponen kesejahteraan sosial akan diberikan kepada penyandang disabilitas dan lansia dengan bantuan masing-masing sebesar Rp600 ribu per tahapnya.
 
Di Kabupaten Rejang Lebong, bansos PKH 2023 telah disalurkan kepada 8.669 keluarga penerima manfaat yang tersebar di 15 kecamatan. 
 
Setiap keluarga penerima manfaat akan mendapatkan bantuan sesuai dengan komponen yang mereka terima. Bansos PKH 2023 ini akan berlangsung hingga Desember 2023.
 
Bagi masyarakat yang ingin mengetahui apakah mereka terdaftar sebagai penerima bansos PKH 2023, mereka dapat memeriksanya melalui laman resmi cekbansos.kemensos.go.id
 
Cara untuk memeriksa daftar penerima bansos PKH 2023 adalah dengan memasukkan wilayah tingkat provinsi hingga desa, nama lengkap sesuai dengan KTP, dan captcha yang muncul di halaman tersebut.
 
Selain itu, bagi masyarakat yang belum terdaftar sebagai penerima bansos PKH 2023 namun memenuhi syarat, mereka dapat mendaftar melalui aplikasi Cek Bansos yang tersedia di Playstore atau Appstore. 
 
Masyarakat hanya perlu mendaftar akun dan mengisi data diri yang dibutuhkan untuk kemudian mengajukan usulan sebagai penerima bansos PKH 2023. Proses verifikasi dan validasi akan dilakukan untuk memastikan bahwa usulan tersebut layak mendapatkan bantuan. 
 
Adapun cara cek nama penerima Bansos PKH 2023:
 
 
2. Masukkan wilayah sesuai KTP di menu ‘WILAYAH PM’
 
3. Input nama lengkap sesuai KTP di ‘NAMA PM’
 
4. Masukan captcha atau kode huruf unik yang tampil sesuai yang dieprintahkan.
 
5. Klik ‘Cari Data’.
 
Adapun Cara Daftar Bansos PKH 2023:
 
1. Install Aplikasi Cek Bansos di Playstore atau Appstore
 
2. Daftar Akun
 
3. Masukkan identitas diri sesuai KTP
 
4. Klik ‘Daftar Usulan’
 
5. Klik ‘Tambah Usulan’
 
6. Isi data diri yang ingin diusulkan sebagai penerima Bansos PKH 2023. (*)

Editor: Burhanudin Ghafar Rahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X