GAWAT! Ini Daftar 22 Kecamatan di Kabupaten Bogor yang Rawan Tanah Bergerak, Waspada, Ada di Mana Saja?

- Selasa, 20 September 2022 | 09:30 WIB
Kondisi jalan yang terbelah akibat pergerakan tanah di Bojong Koneng, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (16/9/2022).  (Antara via SuaraBogor.id)
Kondisi jalan yang terbelah akibat pergerakan tanah di Bojong Koneng, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (16/9/2022). (Antara via SuaraBogor.id)

BOGOR, AYOBOGOR.COM- Teruntuk warga di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kiranya untuk selalu waspada bisa jadi tanah yang ditinggali Anda rawan bergerak.

Pasalnya, ada lebih dari 20 kecamatan di Kabupaten Bogor yang masuk dalam kategori rawan bencana tanah bergerak.

Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mencatat ada 22 dari 40 kecamatan yang wajib waspada bencana alam tanah bergerak.

"Dari 40 kecamatan di Kabupaten Bogor, empat kecamatan berpotensi menengah, 22 kecamatan berpotensi terjadi pergeseran tanah tingkat menengah hingga tinggi," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Aris Nurjatmiko, mengutip dari Antara melalui SuaraBogor.id-jaringan Ayobogor.com, Selasa (20/9/2022).

Deretan kecamatan tersebut yaitu Babakanmadang, Bojonggede, Cariu, Ciawi, Cibinong, Cigudeg, Cileungsi, Cisarua, Citeureup, Gunungsindur, Jasinga, Jonggol, Klapanunggal, Leuwisadeng, Megamendung, Nanggung, Parung, Sukajaya, Sukamakmur, Sukaraja, Tajurhalang, dan Tanjungsari.

Baca Juga: Ini Rahasia Dibalik Kemajuan Industri BPD Tanah Air

Selain itu, juga mencatat ada 14 kecamatan yang memiliki potensi menengah hingga inggi pergeseran tanah disertai banjir bandang atau aliran bahan rombakan.

"Aliran bahan rombakan atau debris flow merupakan fenomena dimana percampuran air, lumpur, dan kerikil mengalir dengan kecepatan tinggi terbawa aliran banjir," ujar Aris.
Menurutnya, data itu didapat BPBD dari dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

Data tersebut merupakan gambaran umum mengenai potensi pergeseran tanah sejak Agustus-September 2022.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Simak Curahan Hati Mp Ambarita Saat Maxi Day 2022

Sabtu, 24 September 2022 | 06:20 WIB

Gandeng BNN, BTN Perluas Layanan Jasa Keuangan

Rabu, 21 September 2022 | 12:16 WIB
X