Siap-siap! di Kota Bogor Segera Berseliweran Mobil Listrik, Disiapkan untuk Kendaraan Dinas Pemkot

- Sabtu, 17 September 2022 | 12:00 WIB
Ilustrasi Mobil Listrik. (Pixabay/492 images)
Ilustrasi Mobil Listrik. (Pixabay/492 images)

BOGOR, AYOBOGOR.COM- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor tengah menyiapkan peraturan wali kota (perwali) tentang pengadaan mobil listrik dinas untuk menindaklanjuti Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Listrik Menjadi Kendaraan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah.

"Inpres ada beberapa yang harus disiapkan. Isi dari instruksi kan untuk berbagai kementerian, jadi yang satu untuk daerah harus menyiapkan peraturan wali kota, kita harus siapkan dulu," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sopiah saat ditemui di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Bogor, Jawa Barat melansir Republika Sabtu (17/9/2022).

Baca Juga: Elon Musk Klaim Asal Inflasi Melambat, Tesla Turunkan Harga Mobil  

Syarifah menyampaikan, Pemkot Bogor perlu menyiapkan regulasi mengenai standar harga dan teknis lain mengenai pengadaan atau konversi kendaraan konvensional ke kendaraan listrik berbasis baterai. Selain itu, kata dia, sesuai dengan inpres, Menteri ESDM Arifin Tasrif diperintahkan menyiapkan stasiun pengisian daya listrik.

Sehingga, sarana penunjang harus disiapkan terlebih dulu agar mobil listrik bisa mudah mendapatkan akses pengisian baterai. Menurut Syarifah, dalam Inpres Nomor 77 Tahun 2022, pembelian kendaraan dinas pemerintah menggunakan daya listrik ke depan.

"Tapi, yang kita lakukan di standar harga harus ada, kalau ada rencana membeli mobil listrik jadi sudah dilindungi dengan regulasi," kata Syarifah.

Baca Juga: Kronologi Kecelakaan Beruntun di Puncak Bogor, Libatkan 4 Mobil dan 2 Motor

Pemkot Bogor mulai menyusun anggaran mobil listrik sebagai kendaraan dinas wali kota dan jajarannya di APBD 2022. Sebelumnya, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, masih melakukan kajian mendalam mengenai kemampuan APBD membiayai kendaraan listrik bagi jajaran pemerintahan di daerahnya.

Bima menuturkan, pada prinsipnya Pemkot ogor menyambut baik penggunaan kendaraan listrik menjadi kendaraan dinas instansi pemerintah pusat dan daerah sebagai wujud komitmen Presiden Jokowi dalam menerapkan transisi energi dari sumber fosil ke energi baru dan terbarukan.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Simak Curahan Hati Mp Ambarita Saat Maxi Day 2022

Sabtu, 24 September 2022 | 06:20 WIB

Gandeng BNN, BTN Perluas Layanan Jasa Keuangan

Rabu, 21 September 2022 | 12:16 WIB
X