Apa Bedanya Rupiah Digital dengan Rupiah Biasa?

- Senin, 5 Desember 2022 | 13:17 WIB
Rupiah digital diterbitkan oleh Bank Indonesia (Pixabay)
Rupiah digital diterbitkan oleh Bank Indonesia (Pixabay)

AYOBOGOR.COM -- Bank Indonesia atau BI telah mengeluarkan serie Rupiah Digital. Lantas apa bedanya dengan mata uang rupiah biasa?

Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan secara umum Rupiah Digital sama dengan Rupiah dalam bentuk kertas yang beredar saat ini.

"Ini sama-sama bisa digunakan untuk alat pembayaran, operasi moneter dan pasar uang, serta transaksi antar bank, bedanya Rupiah Digital itu bentuknya coding yang terenkripsi, cuma BI yang tahu kodenya dan berhak menerbitkan," ujarnya dalam acara Bank Indonesia Bersama Masyarakat (BIRAMA) dengan tema Meniti Jalan Menuju Rupiah Digital, dilansir dari Republika.co.id Senin, 5 Desember 2022.

Baca Juga: Bendungan Ciawi dan Sukamahi Siap Dioperasikan Bulan Ini

Sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku, hanya BI yang berhak mengeluarkan mata uang digital secara sah. Keberadaan uang digital ini juga akan melengkapi kebutuhan pembayaran masyarakat dan indrusti.

Rupiah digital tidak serta merta akan menghapuskan penggunaan rupiah yang berlaku sekarang. Nantinya ada tiga cara pemakaian uang yang bisa dipilih sesuai preferensi orang-orang.

Antara lain pemakaian secara fisik atau melalui rupiah kartal (kertas dan koin), uang berbasis rekening yang saat ini penggunaannya berbasis kartu, seperti debit dan lainnya, dan Rupiah Digital.

"Rupiah Digital akan kita kembangkan fokusnya secara wholesale dulu, lalu ke retail, tapi ini kita kerjakan pararel," paparnya Perry.

Baca Juga: Harga Emas Antam Senin 5 Desember 2022 Naik Rp1.000

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank Indonesia: Optimisme Konsumen Meningkat

Rabu, 8 Februari 2023 | 12:01 WIB

Harga Emas Antam Rabu 8 Februari 2023 Naik

Rabu, 8 Februari 2023 | 09:43 WIB
X