Demi Persija, Yann Motta Belajar Bahasa Indonesia

  Senin, 12 Juli 2021   Fichri Hakiim
Yann Motta (Instagram)

KEBAYORANBARU, AYOJAKARTA -- Pemain belakang Persija Jakarta asal Brazil, Yann Motta Pinto, rela belajar serta memahami bahasa Indonesia demi beradaptasi di tim Macan Kemayoran. 

Menurut pemain berusia 21 tahun itu, jika dirinya mahir berbicara bahasa Indonesia akan membuat tim menjadi lebih solid dan kompak dalam permainan.

Meski baru bergabung pada Maret lalu, pemain yang memiliki tinggi badan 190 sentimeter itu sudah mampu beradaptasi baik dengan tim Persija Jakarta.

Perlahan, Yann Motta mulai memahami bahasa Indonesia. Ia juga kerap menyanyikan lagu Judika yang berjudul Putus atau Terus. Alhasil, lagu tersebut dapat dinyanyikan dengan lancar oleh suara merdu Yann Motta. 

Sejauh ini, Yann mengaku sudah mengetahui beberapa kata dalam bahasa Indonesia. Namun, hanya kata-kata yang digunakan ketika bermain bola seperti 'naik', 'turun' atau 'cepat'. 

"Saya ingin segera bisa berbahasa Indonesia," ujar Yann Motta dikutip dari laman resmi Persija. 

Di Persija, Yann Motta tumbuh menjadi pemain sepak bola yang humoris. Ia sering bergurau dengan Riko Simanjuntak, serta menjalin hubungan baik dengan pemain lain di dalam tim, baik senior maupun junior.

Yann Motta pun terus belajar menguasai lebih banyak kosa kata komunikasi dalam bahasa Indonesia. 

"Saat pertama tiba, Bapak Ferry menargetkan saya dua bulan sudah mulai lancar berbahasa Indonesia, tapi sampai sekarang saya masih kesulitan," tuturnya.

Beruntungnya, di skuad Persija memiliki Otavio Dutra yang sering berkomunikasi dengan Yann Motta. Pemain naturalisasi asal Brazil itu juga mengajarkan Yann Motta untuk berbicara bahasa Indonesia. Dutra juga kerap menjadi penerjemah bagi Yann Motta maupun pelatih kepala Angelo Alessio. 

Duet antara Dutra dan Yann Motta di lini belakang Persija sejauh ini telah mempersembahkan trofi turnamen pramusim Piala Menpora. 

"Saat bermain, mungkin tidak bermasalah karena kami berkomunikasi dalam bahasa yang sama Portugis. Tapi saya ingin lancar berbahasa Indonesia agar bisa berkoordinasi lebih baik dengan pemain lain. Sekarang, saya terus belajar bahasa Indonesia dengan Dutra," kata Yann Motta. 

Perihal makanan, Yann Motta tidak menemui kesulitan. Meskipun sesekali merindukan makanan asal Brazil, tetapi ia tetap menikmati masakan Indonesia


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar