Ratusan Timbangan Pedagang di 12 Pasar Tradisional Kota Bogor Diperiksa Petugas

  Kamis, 15 April 2021   Yogi Faisal
Direktur Utama Perumda PPJ Kota Bogor Muzakir

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR - Perusahaan Umum Daerah Pasar Pakuan Jaya (Perumda-PPJ) Kota Bogor, melakukan operasi tera timbangan kepada ratusan pedagang di 12 pasar tradisional di Kota Bogor. 

Tera ulang alat timbangan milik pedagang tersebut sengaja dilakukan sebagai bentuk perlindungan konsumen. 

Direktur Utama Perumda PPJ Kota Bogor Muzakir menyatakan, kegiatan tera ulang ini rutin dilakukan ke seluruh pasar tradisional yang berada di bawah pengelolaan Pemkot Bogor. 

Targetnya untuk mengetahui apakah alat timbang tersebut masih presisi atau tidak, serta untuk melindungi konsumen. 

"Dalam operasi ini, kita kerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag). Operasi ini kami lakukan sejak satu pekan sebelum ramadan. Jadi perhari ini semuanya sudah clear. Semua pasar kita lakukan sidak dan tera ulang timbangan," kata Muzakkir, Kamis 15 April 2021.

Setiap setahun sekali tera ulang dilakukan berkeliling ke 12 pasar  tradisional milik Pemkot Bogor. Khususnya menjelang Ramadan dan Idulfitri dimana ada peningkatan kunjungan ke pasar-pasar. 

Selain melakukan tera timbangan, Perumda Pakuan Jaya juga melakukan operasi untuk mencegah penjualan bahan pangan berbahaya atau berbahan pengawet seperti formalin atau boraks.  

Hasil beberapa operasi, Muzakir mengatakan ada beberapa pedagang yang masih menggunakan bahan pengawet berbahaya. 

"Di saat kita temukan, barangnya kita ambil dan kita kasih peringatan, dan memungkinkan kalo terulang kembali kita akan cabut hak dia berjualan di pasar," ucapnya.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan terjadi, selama ramadan tahun pihaknya akan terus melakukan pengawasan, di sejumlah pasar tradisional.

"Kita akan awasi semuanya. Bisa saja nanti jelang Idul Fitri kita akan turun lagi kalau memang diperlukan," tutupnya.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar