Yamaha

Tahun ini Bayar Zakat Fitrah di Kota Bogor Bisa Pakai Sistem Drive Thru, Begini Caranya!

  Kamis, 08 April 2021   Yogi Faisal
Wakil Kepala Bidang Pengumpulan Baznas Kota Bogor Rusli Saimun

BOGOR TIMUR, AYOBOGOR.COM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bogor, umumkan besaran zakat fitrah yang mesti dibayarkan masyarakat pada ramadhan tahun ini.

Wakil Kepala Bidang Pengumpulan Baznas Kota Bogor Rusli Saimun mengatakan, besaran zakat fitrah pada tahun ini secara umum hampir sama dengan tahun kemarin.

Mengingat harga beras yang menjadi acuan perhitungan zakat fitrah, tidak mengalami kenaikan harga yang signifikan dari beberapa waktu kebelakang.

Berdasarkan hasil rapat dewan syari'ah dengan komisioner Baznas Kota Bogor, berdasarkan hasil survei pihaknya, harga beras yang dikonsumsi masyarakat Kota Bogor, berkisar mulai dari Rp12 ribu perkilogram hingga Rp15 ribu perkilogram.

"Dari situ kami ambil harga tengah-tengahnya. Makannya untuk besaran zakat fitrah tahun ini di angka Rp35 ribu untuk setiap masyarakat," katanya, Kamis (8/4).

Selain membayar dengan uang tunai, masyarakat juga bisa mengganti zakat fitrah dengan beras sebanyak 2,5 kilogram. 

Dalam mekanisme pembayaran zakat, Rusli menerangkan protokol kesehatan (Prokes) akan diterapkan secara ketat, guna menghindari terjadinya penularan Covid-19.

Bahkan dalam ijab qabul pembayaran zakat fitrah, amil zakat dan masyarakat diwajibkan menggunakan sarung tangan latex.

"Kita terapkan prokes yang ketat, diimbau kepada setiap unit pengumpul zakat (UPZ) masjid atau lembaga zakat agar betul-betul safety healthy penerapan 5 M, untuk menghindari hal yang tidak kita inginkan," ungkapnya.

Untuk memaksimalkan pengumpulan zakat fitrah pada tahun ini, pihaknya bakal melakukan sistem Drive Thru. Nantinya, Baznas Kota Bogor bakal mendirikan posko-posko khusus pengumpulan zakat di sejumlah wilayah Kota Bogor.

"Nantinya kita akan mendirikan posko pengumpulan zakat di sejumlah titik yang memang banyak di lalui kendaraan, khususnya di jalan-jalan protokol Kota Bogor. Jadi nanti pengendara hanya cukup menepi dan membayar zakat kepada petugas kami," tuturnya.

Rencananya, pemberlakuan Zakat Fitrah Drive Thru tersebut, bakal mulai dilaksanakan sejak awal hingga akhir ramadhan. 

"Untuk lokasinya akan kami bahas lebih lanjut. Yang pasti lokasinya harus jalur yang banyak di lalui pengendara. Zakat Fitrah Drive Thru ini juga akan kami mulai sejak awal ramadhan sampai akhir ramadhan," tutupnya


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar