Yamaha

Perangi Aksi Terorisme, Forkopimda Kabupaten Bogor Gelar Deklarasi Damai

  Selasa, 06 April 2021   Yogi Faisal
Perangi Aksi Terorisme, Forkopimda Kabupaten Bogor Gelar Deklarasi Damai

CIBINONG, AYOBOGOR.COM - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Forum Kerukunan Umat Islam (FKUB) serta tokoh agama dan organisasi keagamaan di Kabupaten Bogor, menggelar deklarasi damai untuk menyikapi aksi terorisme, radikalisme dan intoleransi yang terjadi di Indonesia belakangan ini.

Deklarasi yang digelar Mapolres Bogor, Selasa (6/4) tersebut, diharapkan bisa menjaga kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Bogor, sehingga diharapkan bisa menjaga kondusifitas dan keamanan di Bumi Tegar Beriman.

"Forkopimda, FKUB dan semua ormas keagamaan sepakat untuk menjaga kondusifitas terkait aksi (terorisme) yang terjadi belakangan ini agar tidak terjadi di Kabupaten Bogor," kata Bupati Bogor, Ade Yasin, Selasa (6/4).

Ade memastikan bahwa tokoh agama di Kabupaten Bogor akan bahu membahu menjaga wilayahnya masing-masing. Dia juga berharap tokoh agama berperan dalam deteksi dini jika ada orang mencurigakan di wilayahnya.

 
"Laporkan jika ada yang mencurigakan. Polisi, TNI dan aparat hukum lainnya siap untuk membantu jika ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. Sehingga tidak perlu ada hal mencuat seperti kemarin (bom Makassar dan teror Mabes Polri. Supaya seluruh warga aman dan nyaman," tegas Ade.
 
Tak hanya itu, Forkopimda bersama tokoh agama di Kabupaten Bogor sepakat, untuk mengutuk keras segala bentuk aksi terorisme yang dapat mencederai dan melukai kerukunan umat beragama di Indonesia.
 
"Kita semua sepakat untuk menjunjung tinggi perdamaian dan nilai-nilai perbedaan di masyarakat. Untuk itu, kami minta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk ikut ambil bagian, dalam menjaga kerukunan," tutupnya.
 
Berikut pernyatakan sikap Forkopimda dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bogor.
 
1. Mengutuk keras aksi terorisme yang terjadi di Indonesia dan menyampaikan rasa duka yang mendalam bagi korban aksi teror tersebut
 
2. Bahwa aksi terorisme, radikalisme dan intoleransi merupakan tindakan yang tidak dibenarkan oleh setiap agama dan perundang undangan
 
3. Berkomitmen dan aktif berperan serta menjaga keamanan dan ketertiban di Kabupaten Bogor dengan memerangi terorisme, radikalisme dan intoleransi
 
4. Bersedia bekerja sama dengan pemerintah dan aparat untuk menjaga agar tidak berkembang terorisme, radikalisme dan intoleransi di Kabupaten Bogor
 
5. Senantiasa memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa, tetap setia terhadap Pancasila dan UUD 1945 serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
 
Foto: Yogi Faisal
 
Caption: Forkopimda Kabupaten Bogor gelar aksi deklarasi damai, di Mako Polres Bogor, Selasa (6/4/2021)

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar