Yamaha

Tunggu Guru Divaksin, Pemkot Bogor Diminta Tak Buru-buru Sekolah Tatap Muka

  Selasa, 06 April 2021   Yogi Faisal
Suasana uji coba pembelajaran tatap muka di salah satu sekolah di Kabupaten Bogor (Yogi Faisal/ AyoBogor)

BOGOR, AYOBOGOR.COM - Meski pembelajaran tatap muka (PTM) mulai diujicobakan pada 170 sekolah di Kabupaten Bogor, namun hal serupa nampaknya belum diterapkan di Kota Bogor.

Ketua Dewan Pendidikan (Wandik) Kota Bogor Deddy D. Karyadi meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor agar tidak terlalu terburu-buru menggelar PTM. Mengingat vaksinasi covid-19 di Kota Bogor belum menyasar tenaga pendidik.

Tak hanya tenaga pendidik, seluruh civitas akademik di setiap sekolah, juga mesti divaksin, demi meminimalisir potensi penyebaran covid-19 di sekolah.

"Guru, pegawai hingga petugas yang bersiaga di sekolah harus divaksin covid-19. Percuma juga guru divaksin tapi OB-nya, penjaga sekolah tidak divaksin, kan bisa jadi carrier. Jadi pokoknya semua yang terlibat di sekolah tervaksin dulu," katanya, Senin (5/4/2021).

Dewan Pendidikan Kota Bogor juga merekomendasikan, agar peserta didik turut diberikan vaksin covid-19. Dengan tujuan memberi ketenangan kepada orang tua murid di rumah.

“Nanti kalau sudah divaksin semua, baru dibuat model masuk sekolahnya seperti apa. Kan tidak mungkin juga pertama masuk sekolah kayak dulu lagi normal,” ujarnya.

Jika vaksinasi rampung dilakukan, baru Pemkot Bogor merumuskan mekanisme PTM di tengah pandemi. Seperti melakukan pembatasan jumlah siswa di setiap kelas, hingga hal teknis lainnya.

Setelah ditemukan dan disepakati model sistem PTM di sekolah, sambung Deddy, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor bisa melaksanakan uji coba atau simulasi PTM pada sekolah-sekolah di Kota Bogor.

“Kan sambil dilihat nanti perkembangannya seperti apa, ada evaluasi. Seperti yang dikeluarkan dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri, dalam menyelenggarakan PTM maupun uji coba, harus ada tahapannya," ujarnya. 


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar