Polres Bogor Musnahkan 420 Knalpot Bising dan 37 Kendaraan Roda Dua

  Jumat, 19 Maret 2021   Yogi Faisal
Kapolres Bogor AKBP Harun saat memusnahkan knalpot bising, di Mako Polres Bogor (Yogi Faisal/ AyoBogor)

CIBINONG, AYOBOGOR.COM - Jika sebelumnya Polresta Bogor Kota berhasil memusnahkan 363 knalpot bising di wilayah Kota Bogor, kini giliran Polres Bogor yang melakukan kegiatan serupa.

Sebanyak 420 knalpot bising, dimusnahkan jajaran Polres Bogor. Ratusan knalpot bising tersebut, didapat petugas dari hasil operasi selama delapan hari terakhir, di sejumlah wilayah di Kabupaten Bogor.

Kapolres Bogor AKBP Harun mengatakan, pemakaian knalpot bising tidak hanya menimbulkan dampak negatif dari aspek lalu lintas, tetapi juga berpotensi terjadi gangguan keamanan dan ketertiban di masyarakat.

"Penggunaan knalpot bising pada kendaraan juga menjadi salah satu penyebab gangguan keamanan dan ketertiban di masyarakat. Makannya kita tertibkan," katanya, Jumat (19/3).

Selain mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat, penggunaan knalpot bising juga menjadi salah satu penyebab pecahnya tawuran di sejumlah wilayah di Kota Bogor.

"Bahkan banyak juga hanya gara-gara knalpot bising sering terjadi tawuran," ucapnya.

Menurutnya, knalpot bising juga bisa memacu pemakainya ugal-ugalan di jalan. Sehingga orang lain juga bisa terpancing emosi dan berpotensi terjadi kecelakaan.

"Knalpot bising itu memancing pengendara itu untuk melaju kencang. Karena semakin kencang kendaaraan katanya suaranya semakin keren. Otomatis ini berpotensi menimbulkan kecelakaan, tidak hanya pengendara tapi juga semua orang di jalan," jelasnya.

Kemudian, efek negatif lainnya dari knalpot bising dapat memacu agresifitas antar pengendara maupun dengan kelompok motor. Akhirnya bisa berbuntut pada gangguan keamanan di Kota Bogor.

"Efek bising ya ini dianggap sebagai memacu agresitifas dan masyarakat inginnya jadinya, kadangkadang antar kelompok ini menjadi bersaing menimbulkan kebencian," tegas Susatyo.

Selain memusnahkan 420 knalpot bising, Polres Bogor juga mengamankan 37 kendaraan roda dua dari para pengendara. 37 kendaraan tersebut disitanya, lantaran menggunakan knalpot bising.

"Jadi nanti, pemilik 37 kendaraan ini harus membawa knalpot bawaannya saat menebus kendaraannya," tutupnya. 


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar