Selama Maret 2021, Puluhan Ular dan Monyet Liar Teror Permukiman Warga

  Selasa, 16 Maret 2021   Yogi Faisal
Komandan Regu 1 Rescue Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor Arman Riyanto, saat menunjukkan ular piton hasil rescue di permukiman warga. (Ayobogor/Yogi Faisal)

BOJONGGEDE, AYOBOGOR.COM -- Warga Kampung Cimanggis, Desa Bojonggede, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, dibuat heboh lantaran adanya ular piton berukuran 4,5 meter berkeliaran di permukiman warga.

Bahkan ular piton tersebut, sesekali terlihat hilir mudik di permukiman warga beberapa waktu ke belakang ini.

Komandan Regu 1 Rescue Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor Arman Riyanto membenarkan kabar tersebut. Atas laporan itu, sebanyak lima orang personel Rescue Damkar Kabupaten Bogor, diturunkan untuk melakukan penyisiran.

Dari hasil penyisiran, petugas berhasil menemukan ular terbesar, sedang berdiam di plafon rumah salah satu warga. "Ular itu kami temukan di salah satu plafon rumah warga. Sedang berdiam sambil melilitkan tubuhnya," katanya, Selasa (16/3/2021).

Petugas yang sudah berhasil menemukan lokasi ular terbesar, langsung melakukan penanganan, dengan menjebol plafon rumah milik warga tersebut.

"Atas izin pemilik rumah, dan untuk memudahkan evakuasi, akhirnya kami menjebol plafon rumah warga. Hal itu karena ukuran ular yang mencapai 4,5 meter," tuturnya.

Arman mengaku belum bisa memastikan dari mana ular tersebut. Meski demikian, ia menduga jika ular terbesar berasal dari ladang persawahan, yang berlokasi tak jauh dari pemukiman warga.

"Kita belum bisa pastikan dari mana ular ini berasal. Tapi kemungkinan besar ular ini dari area perkebunan tak jauh dari permukiman," ucapnya.

Berdasarkan data yang ada pada pihaknya, selama Maret 2021 ini, sebanyak 20 lebih kasus temuan ular di permukiman warga, yang masuk dalam daftar aduan pihaknya.

Bahkan, pada awal Maret lalu, pihaknya juga berhasil mengamankan musang, biawak dan satu ekor monyet jantan berukuran besar, yang sempat menyerang anak-anak di kawasan Cileugsi, Kabupaten Bogor beberapa waktu lalu.

"Selama Maret ini kami sudah menerima 20 lebih aduan masyarakat tentang penemuan ular di permukiman warga. Rata-rata ular ini adalah ular piton dan kobra," tutupnya.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar