Yamaha

Apa Alasan Jokowi Terobos Hujan Deras Sendirian di Sawah?

  Rabu, 24 Februari 2021   Republika.co.id
Presiden Joko Widodo (setkab.go.id)

TEBET, AYOBOGOR.COM -- Saat meninjau lokasi proyek lumbung pangan baru atau food estate di Kabupaten Sumba Tengah, NTT, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tampak berjalan di tengah sawah di kala hujan lebat mengguyur kawasan itu.

Dari foto yang diambil oleh fotografer Presiden Agus Suparto, Presiden tampak membawa payung berwarna biru sambil melambaikan tangannya menyapa masyarakat setempat yang sudah menunggu di ujung pematang sawah.

Deputi bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin pun menceritakan, hujan sangat deras mengguyur lokasi peninjauan saat Presiden tiba. Perangkat Kepresidenan pun sebelumnya juga telah mengingatkan agar Presiden tidak meninjau pompa air yang berada di ujung sawah.

"Namun Presiden tetap ingin melihat langsung pompa air itu karena merupakan kunci untuk food estate di lokasi tersebut," ujar Bey, Rabu (24/2).

Bey mengatakan, Jokowi ingin tetap memastikan kondisi pompa air tersebut berfungsi dengan baik. Menurutnya, Presiden selalu mengecek dengan detil di setiap peninjauan yang dilakukannya.

Selain itu, Jokowi tetap ingin ke lokasi pompa air karena telah ditunggu oleh masyarakat setempat di ujung persawahan.

"Mereka memanggil-manggil dan telah menunggu lama serta hujan-hujanan. Jadi Presiden ingin menyapa dari jarak yang relatif lebih dekat," ujar Bey.

Meskipun di dalam foto yang beredar Jokowi tampak berjalan sendiri menyusuri sawah, namun Bey memastikan Presiden tetap mendapatkan pengawalan dari Paspampres.

"Paspampres ada, tapi tidak bisa lebih dulu berjalan, karena jalannya hanya untuk satu orang. Kalau Paspampres lebih dulu, maka Presiden nggak bisa sampai ke tempat paling ujung," jelasnya.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan proyek food estate di Desa Makata Keri, Kabupaten Sumba Tengah, NTT ini seluas lima ribu hektare yang akan ditanami padi seluas tiga ribu hektare dan ditanami jagung seluas dua ribu hektare.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar