Yamaha

Pesawat Sriwijaya Hilang Kontak, Beredar Foto Serpihan Pesawat

  Sabtu, 09 Januari 2021   Eries Adlin
Pesawat Sriwijaya Hilang Kontak, Beredar Foto Serpihan Pesawat

JAKARTA, AYOBOGOR.COM -- Pesawat Sriwijaya Air rute penerbangan Jakarta – Pontianak hilang kontak, Sabtu 9 Januari 2021.

Posisi pesawat jenis Boeing 737-500 itu disebut-sebut berada di Pulau Lancang, Kepulauan Seribu.

Akun resmi Dinas Penanggulangan Kebakaran & Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta, @humasjakfire, melansir foto yang disebut-sebut sebagai serpihan benda dari pesawat Sriwijaya Air dengan kode penerbangan SJ182.

“Sriwijaya Air Flight 182 lost contact. Ditemukan beberapa serpihan di area hilangnya kontak pesawat Jakarta - Pontianak. Semoga lekas ketemu. Penyisiran terus dilakukan. @DKIJakarta @aniesbaswedan. #CepatResponJKT.” Demikian keterangan dari akun @humasjakfire yang menyertakan foto benda yang disebut serpihan pesawat Sriwijaya Air.

Sementara itu, Flight Radar 24 mencatat pesawat Sriwijaya Air dengan rute Jakarta—Pontianak hilang kontak 4 menit setelah lepas landas (take off). “Penerbangan Sriwijaya Air #SJ182 kehilangan ketinggian 10 ribu kaki dalam 1 menit, sekitar 4 menit setelah keberangkatan dari Jakarta," tulis @FlightRadar24 di akun twitternya, Sabtu (9 Januari 2021).

Selanjutnya, @FlightRadar24 yang menyebutkan di bionya sebagai ‘Melacak lalu lintas udara secara real time dari seluruh dunia!’ menyatakan jenis pesawat Sriwijaya Air yang hilang kontak itu adalah Boeing 737-500.

Berikut ini kicauan dari @FlightRadar24:

"Penerbangan # SJ182 dioperasikan oleh Boeing 737-500 "klasik" dengan nomor registrasi PK-CLC (MSN 27323). Penerbangan pertama pesawat ini dilakukan pada Mei 1994 (berusia 26 tahun)" 

"Sinyal ADS-B dari penerbangan # SJ182 hilang pada 07:40:27 waktu UTC. Penerbangan itu dalam perjalanan dari Jakarta ke Pontianak di Indonesia".

"Kami sedang mengunduh dan memproses data ADS-B granular untuk penerbangan # SJ182" 

"Kami akan mempublikasikan data dalam beberapa jam berikutnya".


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar