Yamaha

Selain Manfaat, Kopi Punya Efek Tertentu untuk Kesehatan Tubuh

  Senin, 30 November 2020   Editor
ilustrasi biji kopi. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Kopi hitam memiliki banyak manfaat kesehatan, di antaranya menurunkan berat badan, membantu meningkatkan daya ingat, meningkatkan metabolisme, menjaga hati dan jantung tetap sehat, dan membantu menurunkan risiko terkena kanker

Namun, itu harus diambil dalam jumlah sedang karena apabila terlalu banyak, dapat menyebabkan efek samping. Peningkatan stres dan kecemasan, tingkat penyerapan mineral yang rendah, dan rutinitas tidur yang terganggu adalah efek samping mengonsumsi kopi secara berlebih.

Berikut ini beberapa manfaat dan efek samping kopi yang dilansir dari HealthifyMe.

Manfaat Kopi

1. Kopi Hitam Untuk Menurunkan Berat Badan

Banyak orang yang minum kopi hitam secara teratur, tidak menyadari bahwa minuman tersebut merupakan katalisator yang bagus untuk menurunkan berat badan.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan karena alasan estetika atau kesehatan, bukan rahasia lagi bahwa diet adalah bagian penting dari perjalanan penurunan berat badan. Anda harus mengonsumsi makanan dan minuman yang akan membantu Anda mencapai tujuan Anda, dan kopi hitam adalah salah satunya.

Jika Anda mengonsumsi kopi hitam dengan tujuan menurunkan berat badan, penting untuk dicatat bahwa Anda harus meminumnya tanpa bahan tambahan apa pun. Ini berarti tidak ada gula, krim, susu atau perasa tambahan lainnya.

2. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Asupan kopi hitam secara teratur dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah Anda, tetapi efek ini berkurang seiring waktu. Penelitian telah menunjukkan bahwa minum satu hingga dua cangkir kopi hitam setiap hari dapat mengurangi risiko terkena berbagai penyakit kardiovaskular, termasuk stroke. Artinya seiring berjalannya waktu, kopi hitam memberi Anda jantung yang lebih kuat. Selain itu peradangan pada tubuh juga berkurang.

3. Meningkatkan Daya Ingat

Kopi hitam dikenal bagus untuk meningkatkan daya ingat Anda. Seiring bertambahnya usia, keterampilan kognitif kita terpengaruh, dan cenderung terkena penyakit terkait ingatan seperti Alzheimer, Demensia, dan Parkinson. Minum kopi hitam secara teratur dapat membantu memerangi ini dengan menjaga otak Anda tetap bugar dan sehat. Itu membuat saraf Anda aktif, sehingga meningkatkan fungsi otak.

4. Bagus untuk Hati

Salah satu manfaat kopi hitam terpenting adalah meningkatkan kesehatan hati. Hati Anda adalah organ vital dalam tubuh Anda yang menjalankan banyak fungsi. Anda harus menjaganya tetap sehat dan kopi hitam sempurna untuk itu. Asupan kopi hitam secara teratur dapat mencegah kanker hati, penyakit hati berlemak, hepatitis, serta sirosis alkoholik. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi empat cangkir kopi hitam setiap hari memiliki peluang lebih rendah untuk mengembangkan segala jenis penyakit hati. Ini karena kandungan kopi hitam dapat membantu menurunkan tingkat enzim hati berbahaya yang terdapat di dalam darah.

5. Membantu Membersihkan Perut

Kopi merupakan minuman diuretik, artinya semakin banyak anda mengonsumsinya maka semakin sering anda buang air kecil. Ini berarti racun dan bakteri dikeluarkan dari perut setiap kali Anda buang air kecil. Ini membersihkan perut Anda dan membuat Anda tetap sehat.

6. Membantu Mencegah Risiko Terkena Kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi hitam secara teratur dapat menurunkan risiko terkena kanker hati, kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker rektal. Kopi sangat bagus untuk mengurangi peradangan di tubuh Anda, yang membantu mencegah perkembangan tumor.

7. Kaya Antioksidan

Banyak manfaat kopi hitam bagi kesehatan karena kandungan antioksidannya. Antioksidan kuat seperti Kalium, magnesium, Vitamin B2, B3 dan B5, serta mangan dapat ditemukan dalam kopi hitam.

Efek Samping Kopi

1. Melepaskan Hormon Stres Tingkat Tinggi

Terlalu banyak mengonsumsi kopi hitam melepaskan hormon stres tingkat tinggi di tubuh Anda, yang hanya menyebabkan kecemasan dan stres. Anda bisa mudah merasa gelisah saat mengonsumsi terlalu banyak kafein.

2. Mengacaukan Rutinitas Tidur

Asupan kopi yang berlebihan dapat mengacaukan rutinitas tidur Anda. Disarankan agar Anda menghindari kopi beberapa jam sebelum tidur jika ingin tidur nyenyak.

3. Menyebabkan Kram dan Kejang Perut

Kopi hitam kaya akan kafein dan asam, yang berarti mengonsumsi berlebih dapat menyebabkan keasaman di perut Anda dan cenderung menyebabkan kram dan kejang perut.

4. Sulit Menyerap Mineral

Terlalu banyak mengonsumsi kopi membuat system tubuh sulit menyerap mineral dari makanan harian Anda, seperti zat besi, kalsium, dan seng. (Ariel Teguh Nurahman)


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar