Yamaha

Termasuk Puncak, Puluhan Destinasi Wisata Jabar Diperhatikan Selama Libur Panjang

  Jumat, 30 Oktober 2020   Nur Khansa Ranawati
Wisatawan menjalani rapid test Covid-19. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

BANDUNG, AYOBOGOR.COM -- Guna mengamankan libur panjang, Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama pemda kabupaten/kota dan TNI/Polri menggelar operasi gabungan selama lima hari. Operasi dimulai Rabu (28/10/2020) dan berakhir Sabtu (31/10/2020).

Operasi pengamanan tersebut menyasar 54 destinasi wisata di 14 kabupaten/kota. Beberapa tempat wisata yang menjadi perhatian di kawasan Lembang Bandung Barat, Ciwidey Kabupaten Bandung, pemandian air panas Ciater di Subang, Puncak Bogor, serta kawasan pantai selatan Jabar.

Salah satu tujuannya adalah untuk memastikan potensi penularan Covid-19 dapat diminimalisasi. Pengetesan Covid-19 secara acak melalaui tes antibodi dilakukan di sejumlah tempat wisata tersebut.

Hasil tes antibodi tersebut akan keluar 15 menit kemudian. Jika hasilnya reaktif, maka akan dilanjutkan uji usap baik menggunakan mobile PCR maupun cara biasa.

“Sambil menunggu hasil swab kami minta yang bersangkutan (yang reaktif) tidak kemana-mana dulu. Kalau misalnya uji usap manual, terpaksa disuruh pulang dulu untuk isolasi mandiri sampai hasilnya keluar,” ungkap Juru Bicara Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Jabar Daud Achmad, Kamis (29/10/2020).

Daud menjelaskan, operasi gabungan juga melibatkan aparat kewilayahan di kecamatan, desa/kelurahan, bahkan sampai RT/RW. Selain itu, Satpol PP Jabar dan kabupaten/kota juga turut menggelar Operasi Patroli Pengawasan Disiplin Protokol Kesehatan.

Petugas berfokus di delapan daerah, yakni  Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Kabupaten Subang, Kabupaten Garut, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Karawang, Kota Cirebon, serta Kabupaten Sukabumi. Selain objek wisata alam dan kuliner, pengamanan  juga menyasar objek wisata religi yang diprediksi padat pada libur Maulid Nabi Muhammad Saw.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar