Yamaha

bank bjb Salurkan KUR kepada Para Petani Jabar

  Sabtu, 24 Oktober 2020   Redaksi AyoBandung.Com
bank bjb menyalurkan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada sejumlah petani di Kabupaten Majalengka. (ist)

MAJALENGKA, AYOBOGOR.COM – bank bjb kembali menyalurkan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada para petani di Jawa Barat. Kali ini, penyaluran pembiayaan sebagai dukungan permodalan dilakukan kepada petani yang berada di Kabupaten Majalengka.

Realisasi pembiayaan secara simbolis dilakukan di Desa Gunung Sari, Kecamatan Kaso Kandel, Kabupaten Majalengka, pada Kamis (22/10/2020). Penyerahan modal kerja bagi petani ini dihadiri oleh Pemimpin Divisi Kredit UMKM bank bjb Denny Mulyadi, Pemimpin bank bjb Kantor Cabang (KC) Majalengka Dikdik Ahmad Sodikin, dan Direktur CV Mutiara Bumi Hesti Yuliastanti selaku perusahaan pertanian yang menaungi para petani binaan.

Pemimpin Divisi Kredit UMKM bank bjb Denny Mulyadi menyampaikan bahwa kerja sama pembiayaan ini dijalin bank bjb dengan pola kemitraan. Pembiayaan dengan pola kemitraan ini kerap dilakukan bank bjb pada bidang usaha pertanian dan peternakan serta terjalin dengan banyak stakeholder yang memiliki komitmen memajukan usaha petani atau peternak.

"bank bjb senantiasa hadir sebagai mitra setia pemerintah dan masyarakat dengan beragam dukungan pembiayaan untuk meningkatkan ekonomi. Langkah pembiayaan dengan pola kemitraan ini merupakan perwujudan dari komitmen bank bjb untuk mendorong laju perekonomian khususnya di Provinsi Jawa Barat sekaligus bentuk dukungan penuh terhadap program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pada sektor ketahanan pangan yang terbukti tangguh di tengah tantangan pandemi," kata Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto.

Kerja sama antara bank bjb dengan petani binaan CV Mutiara Bumi ini juga bertujuan untuk meningkatan skala usaha petani dengan metode kemitraan dari hulu hingga hilir. Tak hanya dalam rupa permodalan, kehadiran bank bjb juga mendukung seluruh proses peningkatan kapasitas produksi pangan dari awal masa tanam hingga penyerapan hasil panen. Selain itu, perseroan juga memberikan jaminan pengembalian modal atas gagal panen akibat serangan hama kepada para petani.

Stimulasi pembiayaan kepada petani ini merupakan yang kesekian kalinya dilaksanakan bank bjb. Sebelumnya, bank bjb telah menjalin sinergi pembiayaan KUR Mikro terhadap petani binaan CV Mutiara Bumi yang tersebar di beberapa daerah, di antaranya Indramayu, Purwakarta, dan Semarang.

Sejauh ini, total luas area lahan yang digarap mencapai 412 hektar dengan total mitra mencapai 149 petani. Selanjutnya pihak CV Mutiara Bumi juga sedang menyiapkan lahan-lahan garapannya di wilayah Subang, Indramayu, Sumedang dan Garut, di mana bank bjb juga telah mempersiapkan kerja sama pola kemitraan lanjutan untuk mendukung para petani.

Dalam realisasi KUR, para petani penerima pembiayaan juga diarahkan agar langsung mendownload aplikasi bjb DIGI yang dapat digunakan untuk menunjang kemudahan dalam bertransaksi. bank bjb juga melaksanakan pembukaan layanan DPLK kepada para petani agar mereka dapat mempersiapkan masa pensiun dengan kematangan finansial.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar