Yamaha

Bogor Destinasi Luar Negeri Pertama PM Jepang sejak Menjabat

  Selasa, 20 Oktober 2020   Husnul Khatimah
Kunjungan PM Jepang ke Istana Bogor. (Dok. Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga beserta istrinya Mariko Suga tiba di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (20/10/2020).

Kunjungan ke Indonesia pada pekan ini merupakan perjalanan luar negeri pertama Yoshihide Suga sejak resmi menjabat pada 16 September 2020. Kunjungan Yoshihide Suga kali ini juga merupakan kunjungan pertama seorang kepala pemerintahan ke Indonesia di masa pandemi Covid-19.

Untuk itu, sejumlah penyesuaian dalam upacara penyambutan kenegaraan pun dilakukan, misalnya jumlah pasukan kehormatan yang terbatas dan dengan jarak yang lebih renggang.

Setibanya di Istana Bogor sekitar pukul 16.00 WIB, rombongan Yoshihide Suga disambut oleh Presiden Jokowi dan ibu negara Iriana. Prosesi penyambutan kemudian dilanjutkan dengan upacara penyambutan resmi di teras istana karena situasi hujan. Lagu kebangsaan kedua negara diperdengarkan dengan diiringi dentuman meriam sebanyak 19 kali.

Selesai upacara, kedua pemimpin memperkenalkan delegasi masing-masing. Jokowi beserta Iriana kemudian mengajak Yoshihide Suga dan istrinya memasuki Ruang Teratai Istana Kepresidenan Bogor untuk menandatangani buku tamu kenegaraan dan berfoto bersama, sebelum melakukan perbincangan di veranda.

Presiden dan Yoshihide Suga kemudian menuju ruang kerja untuk melakukan pertemuan tête-à-tête. Sementara itu, Iriana beserta Mariko Suga melakukan serangkaian acara pendamping yang telah disiapkan di veranda Istana.

Kedua pemimpin selanjutnya menuju Ruang Oval Istana untuk mengadakan pertemuan bilateral bersama delegasi dari kedua negara. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menyambut hangat kunjungan Yoshihide Suga.

“Selamat datang di Indonesia dan merupakan suatu kehormatan bagi saya dan seluruh rakyat Indonesia menerima kunjungan Yang Mulia,” ungkap Jokowi melalui siaran pers.

“Kunjungan ini merupakan sebuah simbol komitmen yang kuat untuk kerja sama Indonesia dan Jepang yang saling menguntungkan sebagai implementasi dari kemitraan strategis kedua negara,” tambahnya.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar