Yamaha

Cegah Covid-19, Cuci Tangan Hal Dasar yang Harus Dibiasakan

  Jumat, 16 Oktober 2020   Husnul Khatimah
Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bogor Yane Ardian. (Ayobogor.com/Husnul Khatimah)
BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bogor Yane Ardian mengatakan, peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia yang jatuh 15 Oktober diharapkan mampu meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. 
 
Menurutnya, langkah ini sebagai cara efektif dan terjangkau untuk mencegah timbulnya penyakit dari bakteri dan virus yang menempel di tangan. Sejauh ini, kata Yane, masih ada masyarakat yang abai dan menganggap cuci tangan ini bukan merupakan suatu yang penting. 
 
“Padahal gerakan ini merupakan hal dasar yang harus menjadi kebiasaan setiap individu. Karena telapak tangan ini merupakan sumber virus, sumber bakteri. Jadi jangankan untuk melawan Covid, dalam kehidupan sehari-hari pun cuci tangan ini menjadi kegiatan yang harus dilakukan kesadaran sendiri,” ujar Yane, Kamis (15/10/2020).
 
Dalam masa pandemi ini, kata Yane, Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan dengan air mengalir ini menjadi cara efektif dan terjangkau dalam upaya mencegah Covid-19 masuk rumah. 
 
“Jadi, sarana CTPS wajib ada di setiap rumah. Jadi memang ini dipakai untuk mengingatkan bahwa semua rumah harus ada tempat cuci tangannya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 kepada keluarga di dalam rumah," ujar istri Bima Arya ini.
 
Yane pun menjelaskan enam langkah mencuci tangan yang direkomendasikan oleh Badan Kesehatan Dunia atau WHO untuk mencegah virus dan bakteri yakni basahi tangan dengan air bersih (sebaiknya air mengalir), oleskan sabun secukupnya untuk menutupi semua permukaan tangan dan pergelangan tangan, busandan gosokkan tangan menyeluruh.
 
Kemudian pastikan untuk menggosok semua permukaan tangan, ujung jari, kuku, dan pergelangan tangan, gosok tangan dan pergelangan tangan setidaknya selama 20 detik, bilas tangan dan pergelangan tangan dengan air bersih, keringkan tangan dan pergelangan tangandengan handuk bersih, atau biarkan mengering. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar