Yamaha

Rekor Baru Covid-19 Indonesia, Sehari Tambah 3.861 Kasus

  Kamis, 10 September 2020   Icheiko Ramadhanty
ilustrasi. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

JAKARTA, AYOBOGOR.COM -- Kasus positif Covid-19 harian Indonesia mencapai rekor baru sejak diumumkannya kasus pertama pada 2 Maret 2020. Hari ini, Kamis (10/9/2020), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat ada 3.861 kasus positif Covid-19.

Kasus harian tersebut menjadikan total akumulasi konfirmasi positif di Indonesia mencapai 207.203 kasus. Angka itu termasuk 51.237 kasus dalam perawatan, 147.510 kasus sembuh, dan 8.456 kasus meninggal dunia.

Rekor tertinggi penambahan kasus harian Covid-19 di Indonesia sebelumnya tercatat pada 3 September yakni sebanyak 3.622 kasus, diikuti pada 6 September sebanyak 3.444 kasus, dan 9 September sebanyak 3.307 kasus.

Rekor tersebut bersamaan dengan kekhawatiran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies memutuskan untuk kembali melakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah ibu kota secara ketat, sama seperti di awal pandemi.

Kebijakan baru itu mulai berlaku 14 September 2020. Meski berat, Anies terpaksa menarik rem darurat demi menyelamatkan warga Jakarta.

"Dalam rapat gugas percepatan pengendalian Covid-19 Jakarta tadi sore, disimpulkan bahwa kita akan menarik rem darurat, dan itu artinya kita terpaksa kembali menerapkan PSBB seperti masa awal pandemi. Bukan lagi PSBB transisi, tapi kita harus melakukan PSBB sebagaimana masa awal dulu. Dengan begitu, jumlah kasus menurun dan kita bisa menyelamatkan saudara-saudara kita," jelasnya.

Dengan diberlakukannya kebijakan rem darurat, maka aktivitas seperti perkantoran, dunia usaha, dan kegiatan sosial lainnya kembali dilarang. Selain itu, Anies juga mengimbau agar kegiatan ibadah dilakukan di rumah masing-masing.

"Kita semua dalam pertemuan tadi bersepakat untuk tarik rem darurat dan kita akan menerapkan seperti arahan Bapak Presiden di awal wabah dahulu, yaitu bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah dari rumah," ujarnya.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar