Yamaha

Mulai Cair Hari Ini, Subsidi Gaji Karyawan Dilakukan Bertahap

  Kamis, 27 Agustus 2020   Republika.co.id
ilustrasi. ([email protected])

JAKARTA, AYOBOGOR.COM -- Bantuan subsidi kepada pekerja dengan gaji kurang dari Rp5 juta per bulan mulai dicairkan Kamis (27/8/2020). Tetapi karena validasi data penerima belum rampung utuh, pencairan dilakukan bertahap.

Untuk hari ini, baru 2,5 juta orang yang akan menerima bantuan gelombang pertama sebesar Rp1,2 juta, dari total Rp2,4 juta bantuan yang akan diterima.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah menyebutkan bahwa dari target penerima 15,7 juta penerima, baru 13,8 juta orang atau 88%-nya yang berhasil didata oleh BPJS Ketenagakerjaan. Dari 13,8 juta penerima yang sudah didata, baru 10,8 juta orang atau 69% dari target awal yang sudah dilakukan validasi dan verifikasi.

"Kami terus mendorong agar seluruh target penerima bantuan subsidi upah atau gaji dapat dipenuhi BPJS Ketenagakerjaan paling lambat akhir September 2020," kata Ida dalam acara peluncuran program subsidi gaji di Istana Negara, Kamis (27/8).

Pemerintah memang mengaku butuh waktu untuk melakukan validasi dan verifikasi data penerima bantuan. Sesuai aturan, maka subsidi gaji diberikan kepada pekerja dan buruh yang terdaftar aktif sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan sampai Juni 2020.

Peserta, ujar Ida, juga harus dipastikan aktif membayar iuran BPJS-TK sesuai dengan upah kurang dari Rp5 juta per bulan yang dilaporkan. Selain itu, penerima bantuan juga harus memiliki rekening bank yang aktif.

"Per Senin (24/8) lalu kami telah menerima 2,5 juta data calon penerima yang telah divalidasi dan diverifikasi oleh BPJS Ketenagakerjaan sebagai batch pertama penerima bantuan subsidi upah atau gaji," kata ida.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar