Yamaha

Warga Bogor Sulap Lahan 1,4 Hektare Jadi Wisata Hutan Kampung

  Selasa, 18 Agustus 2020   Husnul Khatimah
Sebuah taman seluas 1,4 hektare yang berlokasi di RW 14 Taman Yasmin, Kelurahan Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat, resmi menjadi destinasi wisata anyar di Kota Bogor bernama Hutan Kampung. (Ayobogor.com)

BOGOR BARAT, AYOBOGOR.COM -- Sebuah taman seluas 1,4 hektare yang berlokasi di RW 14 Taman Yasmin, Kelurahan Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat, resmi menjadi destinasi wisata anyar di Kota Bogor.

Taman di pinggiran kota disulap warga menjadi area yang nyaman dan menjadi salah satu destinasi wisata alam dengan nama Hutan Kampung.

Ketua RW 14, Kelurahan Cilendek Barat, Gunawan Wibisono mengatakan, wilayahnya memiliki 13 taman, salah satunya adalah Hutan Kampung yang sudah tidak digunakan sejak 18 tahun.

Bersama warga RW 14, Gunawan mengaku usai berkoordinasi dengan aparatur wilayah menata dan memanfaatkan lahan tersebut tanpa menebang pohon yang ada di area tersebut.

“Di lahan seluas 1,4 hektare, kami sepakat dan warga men-support secara dana serta bantuan lainnya. Sekarang di sini ada jogging track dan ruang yang bisa digunakan warga untuk melaksanakan kegiatan outdoor. Habitat hewan masih kami jaga, ada burung ayam-ayaman, biawak, musang serta ular yang pasti ada. Ada juga 4 kolam yang ditebari berbagai jenis benih ikan oleh warga. Selama 4 bulan kami kerjakan, inilah hasilnya,” kata Gunawan Wibisono, Selasa (18/8/2020).

Selain itu, lanjut Gunawan, di Hutan Kampung yang membutuhkan waktu 4 bulan untuk merapihkannya, ada lebih dari 70 jenis tanaman. Sedangkan untuk tanaman toga lebih dari 150 jenis, terdiri dari pohon keras dan buah. Lebih dari 1.000 bibit pohon didapatkan yang berasal dari berbagai institusi.

“Komitmen menjadi kendala terbesar. Tanpa itu kita tidak akan mampu mewujudkan Hutan Kampung ini. Kami punya tim sadar lingkungan 14, ke depan akan dibentuk menjadi green peace kecil-kecilan sebagai pemberdayaan warga,” kata Gunawan.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar