Yamaha

PR Indonesia: Angka Sembuh Covid-19 Naik, Kematian Turun

  Rabu, 05 Agustus 2020   Suara.com
ilustrasi -- Petugas melakukan simulasi penanganan pasien Covid-19 di Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung, Jalan Aceh, Kota Bandung, Rabu (22/7/2020). (Ayobandung.com/Kavin Faza)

JAKARTA, AYOBOGOR.COM -- Jumlah pasien baru terkonfirmasi Covid-19 terus meningkat setiap harinya di Indonesia. Kematian pasien Covid-19 pun masih menjadi momok lantaran angkanya lebih tinggi daripada angka kematian rata-rata secara global.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 membandingkan angka kasus kematian di Tanah Air dengan negara-negara di dunia merujuk pada jumlah per 1 juta penduduk.

Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah mengatakan, Indonesia berada di urutan 20 dari total 48 negara. Angka kematian di Tanah Air mencapai 19,38% per satu juta penduduk.

"Total kematian Covid-19 di Asia per 1 juta penduduk. Indonesia ini angkanya 19,38 per 1 juta penduduk, atau peringkat 20 dari 48 negara," kata Dewi dalam keterangan yang disiarkan akun Youtube BNPB, Rabu (5/8/2020) siang.

Dewi bertutur, kekinian masih ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh pihaknya. Tugas tersebut adalah menurunkan angka kematian.

"Kita punya PR meningkatkan kesembuhan dan menurunkan angka kematian, karena kita memang masih lebih tinggi dari angka rata-rata dunia, yakni sebesar 3,79%," kata dia.

Lebih lanjut, Dewi mengatakan jika negara besar tentunya memiliki tantangan yang juga besar. Salah satunya jumlah rumah sakit harus sesuai dengan jumlah penduduk di Indonesia.

"Terutama akhirnya negara besar punya tantangan lebih besar juga, karena kita ada rumah sakit harus sesuai dengan jumlah penduduk, itu bukan hal yang mudah untuk 270 juta lebih penduduk Indonesia," imbuh dia.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar