Yamaha

Ekonomi Indonesia Diproyeksi Tercepat Pulih Setelah Tiongkok

  Selasa, 28 Juli 2020   Khoirur Rozi
Presiden Joko Widodo. (Instagram/@jokowi)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan sejumlah lembaga keuangan memproyeksikan ekonomi Indonesia segera pulih. Bahkan menurut Presiden pemulihan ekonomi Indonesia tercepat setelah Tiongkok pada 2021 mendatang.

"Indonesia diproyeksikan masuk ke kelompok dengan pemulihan ekonomi tercepat setelah tiongkok. Kalau proyeksi ini benar saya kira patut kita syukuri," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas rancangan postur APBN Tahun 2021 dari Istana Bogor, Selasa (28/7/2020).

Meski demikian, Jokowi juga mengingatkan situasi ekonomi global berkembang sangat dinamis dan penuh ketidakpastian. Prediksi sementara, IMF memperkirakan ekonomi dunia akan tumbuh 5,4% pada 2021.

"Beberapa lembaga keuangan dunia juga selalu merevisi prediksi-prediksi atas pertumbuhan ekonomi global di tahun 2020 maupun perkiraan di 2021. Artinya masih penuh dengan ketidakpastian," jelasnya.

Prediksi lainnya datang dari Bank Dunia yang memperkirakan ekonomi global akan tumbuh 4,2% dan Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) memprediksi 2,8%-5,4%.

"Saya kira kalau perkiraan ini betul, kita akan berada pada posisi ekonomi yang juga mestinya juga di atas pertumbuhan ekonomi dunia," ujar Jokowi.

Jokowi menambahkan, Indonesia harus tetap waspada terhadap kemungkinan adanya ancaman gelombang kedua pandemi Covid-19. Dia juga meminta agar indikator ekonomi makro diperhitungkan dengan cermat, hati-hati, dan realistis.

"Kita tetap harus waspada terhadap kemungkinan antisipasi kita terhadap risiko terjadinya gelombang kedua atau second wave dan masih berlanjut. Masih penuh ketidakpastian ekonomi global di tahun 2021," jelas Presiden.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar