Yamaha

Polda Metro Rencana Terapkan Lagi Ganjil-genap di Ibu Kota

  Selasa, 02 Juni 2020   Suara.com
ilustrasi pemberlakuan sistem ganjil genap. (Ayobekasi.net/Ananda M Firdaus)

JAKARTA, AYOBOGOR.COM -- Sistem ganjil-genap di wilayah ibu kota direncanakan diterapkan lagi. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyatakan, rencana itu bakal berlaku usai penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB DKI Jakarta berakhir pada 4 Juni 2020.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengemukakan bahwa volume arus lalu lintas di wilayah Jakarta kekinian memang telah mengalami peningkatan.

Hanya saja, Sambodo mengatakan bahwa keputusan untuk kembali memberlakukan sistem ganjil-genap usai PSBB Jakarta berakhir itu nantinya akan terlebih dahulu dibahas bersama pihak terkait.

"Memang hari ini mulai ada peningkatan volume arus lalu lintas. Ganjil-genap nanti berlaku setelah PSBB berakhir," kata Sambodo kepada wartawan, Selasa (2/6/2020).

Senada dengan itu, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar pun membenarkan bila sistem ganjil-genap akan kembali diberlakukan usai PSBB Jakarta berakhir pada 4 Juni.

Fahri mengatakan, nantinya pihaknya akan melakukan evaluasi terlebih dahulu bersama Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta sebelum akhirnya memutuskan untuk kembali memberlakukan sistem ganjil-genap di wilayah ibu kota.

"Iya jadi nanti setelah (PSBB Jakarta) berakhir 4 Juni, akan kami evaluasi dan koordinasi dengan rekan-rekan Dishub DKI," ujar Fahri.

Fahri juga tak memungkiri bila belakangan ini volume arus lalu lintas di wilayah Jakarta memang mengalami peningkatan. Meski, kata dia, peningkatan tersebut tidak terlalu signifikan.

"Jadi masih fakultatif dan kebutuhan apa nanti pakai gage apa nggak masih kita observasi, karena kan mengurai kemacetan tidak hanya menggunakan gage, tapi bisa juga dengan management lain misalnya rekayasa (lalu lintas), buka tutup, alih arus, bagaimana pentingnya nanti kita liat tanggal 4 Juni," tandasnya.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar