Yamaha

Presiden Perintahkan Mensos Bagikan 200 Ribu Paket Sembako ke Wilayah Jabodetabek

  Selasa, 07 April 2020   Republika.co.id
Presiden Joko Widodo. (Setkab)

JAKARTA, AYOBOGOR.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan Menteri Sosial agar segera mendistribusikan 200 ribu paket sembako untuk masyarakat di wilayah Jabodetabek. Bantuan paket sembako itu diberikan untuk membantu masyarakat lapisan bawah yang terdampak oleh virus corona Covid-19.

“Saya juga telah memerintahkan Menteri Sosial untuk segera mendistribusikan 200 ribu paket sembako untuk wilayah Jabodetabek,” ujar Jokowi saat membuka rapat terbatas efektivitas penyaluran program jaring pengaman sosial di Istana Kepresidenan Bogor di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (7/4).

Khusus bagi masyarakat lapisan bawah di Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi akan mendapatkan bantuan sosial khusus dari pemerintah. Bantuan sosial khusus itu diberikan untuk 3,7 juta penerima.

Sebanyak 1,1 juta bantuan sosial tersebut nantinya akan disiapkan oleh Pemprov DKI Jakarta, dan sebanyak 2,6 juta lainnya akan disiapkan oleh pemerintah pusat.

“Selama dua bulan sesuai dengan masa tanggap darurat yang ditetapkan oleh satgas Covid-19,” ujarnya.

Selain itu, pemerintah juga akan segera membagikan Kartu Pra-Kerja mulai 9 April ini. Anggaran untuk bantuan Kartu Pra-Kerja juga dinaikkan dari Rp 10 triliun menjadi Rp 20 triliun.

“Dan penerima manfaatnya 5,6 juta orang terutama untuk yang terkena PHK, pekerja informal, pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak Covid-19,” kata Jokowi.

Bantuan lainnya yang telah disiapkan pemerintah yakni berupa penggratiskan tarif listrik bagi 24 juta pelanggan golongan 450 VA dan juga diskon sebesar 50 persen bagi tujuh juta pelanggan golongan 900 VA selama April-Juni.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar