Yamaha

Jakarta Segera Punya Wakil Gubernur!

  Senin, 09 Maret 2020   Khoirur Rozi
Dua Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Nurmansjah Lubis (Kanan) dan Ahmad Riza Patria (kiri). (Ayojakarta.com/Khoirur Rozi)

JAKARTA, AYOBOGOR.COM -- Dua Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta yakni Nurmansjah Lubis dan Ahmad Riza Patria telah menyerahkan berkas persyaratan wagub kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Senin (9/3/2020).

Nurmansjah datang didampingi Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Abdurrahman Suhaimi.

Nurmansjah menyebutkan sejumlah berkas yang dia serahkan kepada Anies antara lain laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN), surat pajak, surat hutang, surat kesehatan dan bebas narkoba, serta ijazah.

"Kami serahkan secara resmi (berkas persyaratan) hari ini. Karena besok hari terakhir penyerahan berkasnya," kata Nurmansjah di Balai Kota Jakarta, Senin (9/3/2020).

Sementara itu, Penasihat Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta, Mohamad Taufik mendampingi Riza Patria menyerahkan berkas persyaratan wagub. Dia menjelaskan ada sejumlah berkas yang diserahkan kepada Anies.

"Banyak, mulai pernyataan tidak menjadi pegawai negeri, pernyataan tidak pernah jadi gubernur dua Kali, LHKPN, surat-surat Kesehatan, lengkaplah," kata Taufik di Gedung DPRD DKI Jakarta.

Waktu penyerahan berkas persyaratan itu diberikan waktu mulai 5-10 Maret 2020. Dokumen diterima langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswesan. Setelah itu, Anies akan memverifikasi kemudian diserahkan kepada DPRD DKI Jakarta melalui Panitia Pemilihan (Panlih) Wagub.

"Suratnya diterima hari ini. Maka insyaallah akan segera diproses, kemudian akan diantarkan langsung ke dewan, agar dewan bisa langsung bekerja," kata Anies.

Kemudian, pada 18 Maret 2020 cawagub akan menjalani tes wawancara dengan Panlih. Sehari setelah itu, barulah ditetapkan menjadi Cawagub DKI Jakarta.

DPRD akan bersurat kepada Gubernur DKI Jakarta perihal jadwal penyampaian visi-misi Cawagub. Visi-misi tersebut harus sesuai program kerja yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI Jakarta.

Pada 23 Maret 2020, Cawagub akan menyampaikan visi-misi dan tanya jawab Anggota DPRD DKI Jakarta. Di hari yang sama, pemilihan Wagub pun akan digelar.

Setelah Cawagub terpilih, pada 24 Maret DPRD akan bersurat kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) perihal berita acara dan berkas wagub DKI terpilih.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar