Yamaha

Curah Hujan Masih Menghantui, Bogor Antisipasi Bencana

  Rabu, 04 Maret 2020   Husnul Khatimah
Longsor menerjang sebuah bangunan di Cilendek akibat hujan deras (24/2/2020),.

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, berdasarkan prediksi BMKG selama bulan Maret 2020 curah hujan masih tinggi. Untuk itu ia meminta kepada semua semua unsur yang memegang peranan penting untuk mengantisipasi bencana.

Bima Arya mengajak untuk merapatkan barisan dan melakukan koordinasi dan konsolidasi, memastikan bencana dan potensi yang ada bisa diantisipasi.

“Jadi, kedepan akan ada masa-masa kritis, karena itu mari kita lakukan antisipasi,” ujar Bima, Senin (3/3/2020).

Untuk koordinasi, secara khusus Bima Arya memerintahkan agar dilakukan secara intensif dalam rangka pemetaan, pembersihan, pengerukan semua titik-titik yang berpotensi menyumbat atau menghalangi air, mulai dari saluran air di pemukiman, maupun yang tersumbat oleh PKL hingga hal-hal yang besar.

Selain itu kata dia, pemetaan juga dilakukan terhadap titik-titik yang rawan longsor, baik di area pemukiman warga maupun area pemakaman. Potensi bencana yang ada tidak hanya banjir, namun juga potensi tanah longsor.

“Pastikan semua diawasi dan diantisipasi, petakan semuanya, baik yang ada penghuninya, yang jauh dari hunian maupun areal pemakaman. Tugas kita tidak hanya menjaga yang masih hidup tetapi juga yang sudah meninggal,” tegas Bima Arya.

Bima Arya meminta kepada seluruh warga dimotori aparatur wilayah dibantu dinas terkait melakukan pemeriksaan dan pembersihan seluruh saluran air atau drainase atau tempat-tempat yang berpotensi menyumbat air sehingga menyebabkan banjir.

“Baik di kegiatan Jumat Bersih (Jumsih) maupun Minggu Bersih (Mingsih). Semua berkoordinasi, jika memerlukan alat berat, lakukan koordinasi dengan dinas terkait,” katanya.

Dia juga meminta untuk memetakan dan memastikan titik-titik yang selama ini berpotensi dan sangat rawan munculnya bencana banjir atau bencana lainnya. Baik dalam skala mikro, saluran di pemukiman warga, maupun skala makro atau besar.

“Kegiatan ini tidak terbatas hanya hari ini, kepada semua jajaran Pemkot Bogor dan seluruh lapisan masyarakat, sarya meminta agar intensitas kegiatan pembersihan dilakukan secara menyeluruh di Kota Bogor,” jelasnya.

 


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar