Yamaha

Waspada Potensi Hujan Lebat Hingga 26 Februari

  Selasa, 25 Februari 2020   Republika.co.id
Ilustrasi hujan lebat. (pixabay)

JAKARTA, AYOBOGOR.COM -- Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo mengimbau masyarakat mempersiapkan mitigasi dari kemungkinan bencana yang dapat dipicu hujan lebat yang diperkirakan akan terjadi hingga Rabu (26/2) di beberapa provinsi.

"Berdasarkan prakiraan cuaca berbasis hujan lebat dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, potensi hujan lebat masih terjadi di Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat," kata Agus melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa (25/2).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika telah memperkirakan kemungkinan hujan lebat dengan status siaga di Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat berlaku pada Selasa pukul 07.00 WIB hingga Rabu (26/2) pukul 07.00 WIB.

Selain tiga provinsi tersebut, hujan lebat juga diperkirakan terjadi di provinsi lain, seperti Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Bengkulu. "Hujan lebat juga diperkirakan terjadi di Sumatra Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Tengah," ujarnya.

Agus juga mengimbau masyarakat memperhatikan drainase (saluran air) dan manajemen air untuk mengurangi kemungkinan kerugian yang dapat timbul dari bencana akibat hujan lebat. Selain itu, pengaturan pengelolaan sampah di area permukiman juga harus menjadi perhatian. Menurut Agus, pengelolaan sampah yang buruk merupakan salah satu faktor pemicu masalah banjir di sejumlah wilayah di Indonesia.

"Budaya menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya menjadi salah satu faktor penting untuk mengurangi dampak banjir akibat hujan lebat," katanya.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar