Yamaha

Menelusuri Objek Bersejarah di Bogor Sukabumi dan Cianjur dengan Kereta

  Selasa, 18 Februari 2020   Husnul Khatimah
Sejumlah aparat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat berfoto bersama petugas. (Ayobogor.com/Husnul Khatimah)

CIANJUR, AYOBOGOR.COM -- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat mengadakan Smiling West Java Railway Tour. Kegiatan ini untuk mengenjot kunjungan wisatawan dengan menawarkan wisata sejarah jalur kereta api Bogor-Sukabumi-Cianjur. 

"Hari ini kita melakukan railway tour  tour herritage dari Bogor ke Sukabumi lalu Cianjur kita menggunakan kereta api wisata yang luar biasa," ujar Kepala Dinas Pariwisata Prorivinsi Jawa Barat, Dedi Taufik, Selasa (18/2/2020).

Dedi mengatakan, peserta yang mengikuti Smiling West Java Historical Railway Tour terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Jabar dan tour travel di berbagai provinsi. 

"Hadir pula Wakil Wali Kota Bogor, kemudian pelaku tour travel terutama yang bermain in bound, out bound yaitu Malaysia Singapur, Eropa, Korea, Thailand, dan Tour Travel lokal seperti dari Medan Yogya, Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah. Hampir semua provinsi ikut kegiatan ini dan kita mengenalkan beberapa destinasi wisata yang ada di koridor Bogor-Sukabumi-Cianjur," kata Dedi.

Dedi mengatakan, dalam tour ini stasiun bersejarah dan terowongan lampegan yang merupakan terowongan panjang yang dibangun pada masa Hindia Belanda akan dilewati.

Kegiatan ini tidak hanya naik kereta. Setelah sampai di Sukabumi, peserta diajak ke pabrik karet tertua Tcipetir kemudian dilanjut mengunjungi Situs Gunung Padang sebagai salah satu cagar budaya yang ada di Kabupaten Cianjur.

Smiling West Java Historical Railway Tour menjadi tagline pariwisata Jawa Barat. Slogan ini dipilih agar sektor pariwisata Jawa Barat lebih mempunyai daya tarik para wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara.

Dengan adanya tagline atau slogan tersebut, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat kemudian menawarkan konsep wisata sejarah jalur kereta bagi wisatawan mancanegara dan dalam negeri.

Konsep wisata ini digaungkan untuk memasyarakatkan kembali wisata kereta Jalur Bogor-Sukabumi-Cianjur. Sebut saja Stasiun Bogor di Jalan Kapten Muslihat, Bogor Tengah yang merupakan cagar budaya yang keberadaannya harus dipertahankan dan dirawat agar menjadi daya tarik wisata.

Menurut beberapa ahli, Stasiun Bogor merupakan stasiun yang indah dan termewah dengan dua tingkat, karena pada zaman dahulu diperuntukkan khusus untuk jenderal Belanda. Bahkan, hingga kini barang-barang pada masa itu masih lengkap tersimpan di Stasiun Bogor.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar