Yamaha

Jadi Korban Ganjal ATM, Warga Bogor Rugi Puluhan Juta

  Selasa, 28 Januari 2020   Husnul Khatimah
Dua kawanan pengganjal ATM berhasil diringkus Tim Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Babakan Madang, Kabupaten Bogor. (Ayobogor.com/Husnul Khatimah)

CIBINONG, AYOBOGOR.COM -- Seorang warga merugi hingga puluhan juta akibat menjadi korban pelaku pengganjal ATM. Pelaku ini biasa beroperasi di wilayah Bogor.

Modus itu terkuak saat dua kawanan pengganjal ATM berhasil diringkus Tim Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Babakan Madang, Kabupaten Bogor saat hendak melancarkan aksinya di daerah Sentul.

Kapolsek Babakanmadang, Kompol Silfia Sukma Rosa Tanjung menuturkan, keduanya berhasil diringkus setelah korban melaporkan hilangnya uang dalam ATM.

Mulanya, korban akan melakukan transaksi di salah satu mesin ATM di wilayah Sentul. Ternyata, mesin ATM tersebut telah diganjal dengan tusuk gigi terbuat dari kayu untuk mengganjal kartu ATM agar tidak bisa keluar.

“Modus yang dilakukan dua pelaku ini dengan cara mengganjal ATM dengan kayu tusuk gigi yang sudah dipersiapkan,” kata Silfia, Selasa (28/1/2020).

Usai mengganjal ATM, pelaku mengawasi sekitar lokasi sambil menunggu warga yang ingin menggunakan ATM. Saat itu, korban merasa kesulitan mengeluarkan kartu ATM-nya dari mesin. Pelaku kemudian menghampiri dan berpura-pura untuk membantu.

“Pelaku meminta korban untuk menekan lagi pinnya, ternyata sambil dihafal. Ketika sudah hafal, pelaku langsung meninggalkanya keluar,” terangnya.

Pelaku ternyata tak benar-benar pergi dan masih memantau di sekitar lokasi. Mengetahui korbannya sudah pergi dan kartunya tak bisa dikeluarkan dari mesin ATM, pelaku langsung melakukan aksinya. Pelaku menguras uang milik korban karena sudah hafal nomor pin kartunya.

“Mereka berhasil menguras uang korban sebesar Rp40 juta rupiah,” kata Silfia.

Beberapa waktu kemudian, korban menyadari uangnya sudah terkuras dan langsung melaporkan kejadian itu ke Mapolsek Babakan Madang. Tim Reskrim pun langsung bergerak cepat. 

Bermodalkan rekaman CCTV, pelaku akhirnya berhasil diringkus saat akan melancarkan aksinya kembali di Rest Area Sentul.

“Tim langsung melakukan menangkap pelaku dengan modal rekaman CCTV saat keduanya hendak melakukan aksinya di Rest Area Sentul,” katanya.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar