Yamaha

Imlek, Pengrajin Barongsai di Bogor Kebanjiran Order

  Jumat, 24 Januari 2020   Husnul Khatimah
Salah seorang pengrajin dan penjual barongsai dan liong di Kota Bogor, Lili Hambali tengah menyiapkan pesanan jelang tahun baru imlek 2020, Jumat (24/1/2020). (Ayobogor.com/Husnul Khatimah)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Mendekati tahun baru imlek, pengrajin barongsai dan liong di Bogor kebanjiran orderan dari para langganan. Salah satunya dialami Lili Hambali.

Lili mengatakan, peningkatan permintaan barongsai dan liong jelang imlek adalah hal yang biasa dialaminya tiap tahun. Meski tidak menyebutkan angka peningkatan namun Lili keteteran dengan orderan yang datang.

"Kalau kita gabisa hitung berapa banyak peningkatannya tapi memang padat orderannya malahan sampai banyak orderan yang kita tolak karena dirasakan gak bakal sempat kita kerjakan karena orderannya juga sudah banyak," ujar Lili, Jumat (24/1/2020).

Dia menambahkan bahwa orderan barongsai dan liong itu datang dari pelanggannya yang tersebar di berbagai daerah di tanah air.

"Kita terima pesanan dari Aceh sampai Papua, pokoknya hampir di semua daerah di Indonesia kita ada pesanan. Hari-hari biasa kita juga jualan tapi permintaannya tidak seramai saat imlek," kata Lili.

Lili mengaku meningkatnya orderan dari pelanggan membuat pihaknya juga kesulitan mendapatkan bahan baku karena di pasar bahan baku pun juga langka saat pesanan naik.

"Saat orderan naik kesulitannya pasti bahan baku seperti bulu sama aksesorinya kan impor, jadi tekendala disana aja kalau bahan baku gak ada kita gabisa produksi tapi biasanya kalau imlek kita selalu stok dulu biar aman," katanya.

Barongsai buatan Lili dijual dengan harga Rp5.500.000 dan liong dibanderol seharga Rp8.000.000. Biasanya Lili menjual barongsai dan liong sesuai pesanan yang datang.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar