Yamaha

Pemkot Bogor Akan Bangun Kampung Arab dan Sunda di Kelurahan Empang

  Rabu, 22 Januari 2020   Republika.co.id
Wali Kota Bogor, Bima Arya. (ayobogor/Husnul Khatimah)

BOGOR, AYOBOGOR.COM -- Pemerintah Kota Bogor akan membangun kampung bernuansa etnis di Kota Bogor yaitu Arab dan Sunda. 

"Kampung tematik Arab atau Kampung Sunda akan dibangun di Kelurahan Empang, Bogor Selatan," kata Bima Arya Sugiarto, di Kota Bogor Selasa (21/1).

Bima Arya menjelaskan pembangunan kampung Arab akan dilakukan pada tahun 2020, dimulai dari perbaikan Lapangan Empang menjadi Alun Alun Empang yang dapat dimanfaatkan untuk banyak kebutuhan, sekaligus mempercantik lingkungan di Kelurahan Empang.

Sedangkan, kampung Sunda lokasinya belum ditetapkan, tapi pilihan lokasinya ada di Kelurahan Batutulis Bogor Selatan dan di Kelurahan Katulampa Bogor Timur.

"Saya menugaskan kepada Dinas Perumkim dan Bappeda untuk segera melakukan kajian dan menetapkan lokasi Kampung Sunda. Kampung Sunda juga harus segera dibangun," katanya.

Usulan lokasi Kampung Sunda di Kelurahan Batutulis, menurut Bima, ada kelebihannya karena di lokasi itu ditemukan Prasasti Batutulis, yakni salah satu prasasti peninggalan Kerajaan Pajajaran.

Menurut Bima, dirinya juga sudah membicarakan soal persiapan pembangunan Kampung Sunda dengan jajaran pimpinan di Dinas Permukim Kota Bogor, pada Senin (20/1).

Bima mengingatkan, agar Dinas Permukim dapat fokus mempersiapkan kampung tematik di Kota Bogor, sehingga kampung-kampung di Kota Bogor menjadi lebih bervariasi dan dapat menjadi destinasi wisata di Kota Bogor.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Bogor sudah membangun kampung tematik yakni Kampung Labirin sebagai kampung budaya di Kelurahan Babakan Pasar Bogor Tengah. Kampung tematik pertanian yakni Kampung Ciharashas di Kelurahan Mulyaharja Bogor Selatan, serta Kampung Batik di Kelurahan Cibuluh Bogor Utara.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar