Yamaha

Teknologi Pencarian Belum Mampu Temukan Korban Longsor Sukajaya

  Senin, 13 Januari 2020   Husnul Khatimah
Pencarian korban longsor Sukajaya. (Ayobogor.com/Husnul Khatimah)

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Pencarian terhadap tiga korban yang diduga tertimbun longsor di Desa Harkat Jaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor telah dihentikan oleh Tim SAR gabungan.

Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah mengatakan, pihaknya telah mengerahkan semua kekuatan untuk mencari korban namun tak kunjung menemukan hasil.

"Kami mengerahkan semua kemampuan yang ada termasuk menggunakan teknologi yaitu alat GPR (Ground Penetrating Radar) untuk mendeteksi obyek di bawah tanah, tetapi belum membuahkan hasil sesuai dengan harapan kita semua," ujar Deden saat dihubungi Ayobogor.com, Senin (13/1/2020).

Dia mengatakan, selain menggunakan teknologi GPR, lama waktu pencarian korban juga telah ditambah oleh pihaknya.

"Sesuai dengan aturan pencarian dilakukan selama 7 hari, namun kemudian kami tambah 4 hari, total 11 hari. Setelah sebelas hari timĀ  SAR gabungan melakukan pencarian, pencarian dihentikan," kata Deden.

Dia mengatakan, pemberhentian pencarian korban telah melalui hasil evaluasi berbagai pihak termasuk persetujuan dari keluarga korban.

"Kami melakukan evaluasi serta koordinasi dengan semua unsur yang ada termasuk dengan inciden comander, tokoh masyarakat, agama dan keluarga korban untuk penghentian pencarian dan (pencarian) dilanjutkan dengan pantauan," kata Deden


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

Komentar